8 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi di Usia Muda, Mudah Tanpa Obat

Jum'at, 16 Desember 2022 - 07:06 WIB
loading...
8 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi di Usia Muda, Mudah Tanpa Obat
Cara menurunkan kolesterol tinggi di usia muda bisa dilakukan dengan mudah dan tanpa obat. Kolesterol bisa menyebabkan masalah kesehatan serius, dari stroke. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Cara menurunkan kolesterol tinggi di usia muda bisa dilakukan dengan mudah dan tanpa obat. Ini perlu diketahui lantaran kolesterol bisa menyebabkan masalah kesehatan serius, dari stroke hingga serangan jantung.

Kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan dalam darah. Tubuh membutuhkan kolesterol untuk membangun sel-sel sehat, tetapi kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan timbunan lemak di pembuluh darah. Endapan ini tumbuh, sehingga sulit bagi darah untuk mengalir melalui arteri. Endapan itu bisa pecah dan membentuk gumpalan yang menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Meski dapat diwariskan, kolesterol tinggi seringkali disebabkan gaya hidup yang tidak sehat sehingga dapat dicegah dan diobati. Diet sehat, olahraga teratur bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Berikut cara menurunkan kolesterol tinggi di usia muda dilansir dari Mayo Clinic, Jumat (16/12/2022).



1. Olahraga

Olahraga dapat berdampak positif pada kadar kolesterol. Terlalu banyak kolesterol dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri, meningkatkan risiko penyakit jantung. Namun, olahraga teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dengan meningkatkan jumlah kolesterol baik dan mengurangi jumlah kolesterol jahat dalam darah.

Selain itu, olahraga membantu meningkatkan fungsi endotelium, yaitu lapisan sel yang melapisi pembuluh darah. Endotelium yang sehat membantu mencegah kolesterol menempel pada dinding arteri.

2. Berhenti Merokok

Setelah seseorang merokok, kadar kolesterol jahat dalam darah meningkat. Hal ini dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri, membatasi aliran darah dan meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Namun, berhenti merokok dapat membantu menurunkan kadar jahat dan mengurangi risiko masalah kardiovaskular ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2014 seconds (0.1#10.140)