Menparekraf Sandiaga Uno Bagikan Cerita Awal Terjun ke Dunia Politik

Sabtu, 17 Desember 2022 - 14:24 WIB
loading...
Menparekraf Sandiaga Uno Bagikan Cerita Awal Terjun ke Dunia Politik
Sandiaga Salahuddin Uno resmi menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia pada 23 Desember 2020. / Foto: dok. Kemenparekraf
A A A
JAKARTA - Sandiaga Salahuddin Uno resmi menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia pada 23 Desember 2020. Dia menggantikan Menparekraf sebelumnya, Wishnutama.

Sebelum berkiprah di dunia politik, Sandiaga Uno merupakan seorang pengusaha. Melalui kanal YouTube Rhoma Irama Official, dia pun menceritakan perjalanan kariernya mulai dari pengusaha hingga pejabat publik.

"Saya memulai karier sebagai profesional setelah hampir 8 tahun, kemudian terjadi krisis moneter. Saya di-PHK dari pekerjaan saya. Jadi saya secara kecelakaan jadi pengusaha," ungkap Sandiaga Uno, dikutip Sabtu (17/12/2022).

Baca juga: Kembangkan Destinasi Wisata Bangka Belitung, Sandiaga Akan Lengkapi Infrastuktur

"Saya menikah dengan orang Betawi, kita waktu itu merasakan di titik terendah, kehilangan pekerjaan, pemasukan kurang, saya kembali ke rumah orang tua saya. Akhirnya terpaksa saya memulai usaha dibidang yang saya kuasai. Kebetulan pendidikan saya di bidang keuangan dan investasi jadi saya mulai usaha di bidang konsultan keuangan," jelasnya.

Sandiaga mengatakan, bisnisnya ini merupakan titik balik dirinya memulai usaha di bidang konsultasi keuangan dan mulai meningkat menjadi perusahaan investasi. Bisnis yang diberi nama PT Saratoga Advisor itu akhirnya dikenal publik pada 2013.

"Jadi mulai investasi di sumber daya alam, infrastruktur, dan perusahaan bidang konsumsi," kata dia.

Bukan hanya itu, Sandiaga Uno juga merupakan konsultan keuangan untuk beberapa bisnis milik Prabowo. Di situlah titik awal dirinya diminta Prabowo untuk terjun ke dunia politik.

"Dulu saya ditunjuk jadi jubir beliau, tapi belum masuk ke Gerindra. 2015 masuk ke Gerindra sekaligus dapat tugas karena waktu itu DKI Jakarta lagi persiapan buat pilkada. Beliau meminta saya jadi calon gubernur," terangnya.

Ketika ditawari, perasaan ragu sempat menyelimuti hati Sandiaga Uno, lantaran dia tidak memiliki banyak ilmu dan pengalaman di dunia politik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1748 seconds (0.1#10.140)