Berpengalaman Jadi Pengusaha, Ini yang Dirasakan Sandiaga Uno ketika Jalani Tugas sebagai Pejabat

Sabtu, 17 Desember 2022 - 15:00 WIB
loading...
Berpengalaman Jadi Pengusaha, Ini yang Dirasakan Sandiaga Uno ketika Jalani Tugas sebagai Pejabat
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengaku sangat berbeda ketika menjadi seorang pengusaha dan pejabat. / Foto: ilustrasi/dok. MPI/Aldhi Chandra
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengaku sangat berbeda ketika menjadi seorang pengusaha dan pejabat. Seorang pejabat negara harus mengabdi kepada negara dan juga masyarakat.

"Nuansanya 180 derajat. Sebagai pengusaha tentunya kita bertanggung jawab kepada karyawan, mitra pemegang saham, negara dan orientasinya profit, money oriented dan nation building," jelas Menparekraf Sandiaga Uno di kanal YouTube Rhoma Irama Official, dikutip Sabtu (17/12/2022).

"Kita sebagai pengusaha kan pejuang ekonomi dan harus memberdayakan. Pas masuk ke pemerintahan harus jelas pembagiannya," imbuhnya.

Baca juga: Menparekraf Sandiaga Uno Bagikan Cerita Awal Terjun ke Dunia Politik

Setelah diperintahkan Prabowo untuk terjun ke dunia politik, Sandiaga Uno pun mundur dari jabatannya di 28 perusahaan.

"Saat itu saya menyadari, saya diperintahkan Pak Prabowo dan gabung di Gerindra, saya langsung mundur dari posisi executive dan non-executive di perusahaan yang saya dirikan yaitu 28 perusahaan. Saya mundur sebagai komisaris, preskom, direksi, dirut dari 28 perusahaan, itu konsekuensinya. Saya enggak mau berbenturan dengan berbagai kepentingan," paparnya.

Sandiaga Uno pun menjelaskan jika dirinya juga sudah tidak mengurus bisnis-bisnis miliknya, dan kini semuanya diurus oleh profesional.

"Saya fokus di pemerintahan sebagai pelayan publik. Jadi keputusan yang saya ambil tentunya tidak ada potensi benturan kepentingan," ujar dia.

Pria 53 tahun ini mengatakan, beban paling berat ketika menjadi pejabat publik adalah menjalankan amanah, terutama saat berkaitan dengan masyarakat yang butuh bantuan.

"Banyak sekali masyarakat kita yang kesulitan ekonomi, lapangan pekerjaan yang tidak tersedia, harga-harga dan biaya hidup yang mahal, itu panggilan berat. Kalau pengusaha gimana usaha maju, berkembang, produk laku, perusahaan bisa tetap mematuhi kewajiban bayar pajak dan sebagainya. Tapi sebagai pelayan publik saya 24 jam harus siap sedia memberikan solusi dan bantuan kepada masyarakat," beber Sandiaga.

Bukan hanya itu, sebagai pejabat publik dia juga harus memastikan kehidupan masyarakat agar hidup layak, taraf hidup meningkat, dan kesejahteraan membaik.

Baca juga: MNC Peduli dan Kemenparekraf Gelar Workshop Memasak untuk 9 Panti Asuhan

"Karena sudah tertuang dalam janji dan sumpah saat pelantikan. Di Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 juga sudah jelas sumpah kita. Jadi setelah di pemerintahan saya menempatkan diri sebagai pelayan publik masyarakat dan harus siap sedia memberi solusi," tutupnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1784 seconds (0.1#10.140)