Kenali Masalah Emosional Empty Nest Syndrome pada Orang Tua, Ini 5 Cara Penanganannya

Senin, 19 Desember 2022 - 06:36 WIB
loading...
Kenali Masalah Emosional Empty Nest Syndrome pada Orang Tua, Ini 5 Cara Penanganannya
Saat orang tua melepaskan sang anak untuk pergi dari rumah, tentu akan ada banyak emosi yang ditimbulkan. Keadaan seperti inilah yang disebut empty nest syndrome. Foto Ilustrasi/ParentMap
A A A
JAKARTA - Banyak orang tua ingin melihat anak mereka sukses dan hidup mandiri. Terkadang karena keadaan, orang tua harus merelakan anak-anak untuk mengejar mimpi dan tak jarang harus sampai berpisah ataupun tinggal jauh dari orang tua.

Namun, saat orang tua melepaskan sang anak untuk pergi dari rumah, tentu akan ada banyak emosi yang ditimbulkan seperti rasa sedih, hampa, dan kehilangan. Keadaan seperti inilah yang disebut empty nest syndrome (ENS).

Tanda-Tanda yang Harus Diwaspadai

Dilansir dari Makati Medical Center, Senin (19/12/2022), orang dewasa atau orang tua yang mengalami ENS akan menunjukkan beberapa tanda saat menghadapi masa stres ini, seperti:



1. Kehilangan Tujuan

Ketika anak masih kecil, dia banyak menghabiskan hari-hari di sekitar orang tua. Namun, seiring bertambahnya usia anak, hal itu perlahan memudar. Ketika anak-anak menjadi dewasa dan mulai melakukan sesuatu secara mandiri, hal tersebut meninggalkan kekosongan besar di hati orang tua, baik ayah ataupun ibu.

Kehilangan tujuan sebagai orang tua bisa menjadi salah satu penyebab depresi dan kecemasan.

2. Tekanan Emosional

Tekanan emosional seperti ini normal. Anda mungkin tiba-tiba mencium aroma yang familiar atau melewati restoran yang dapat memicu respons emosional yang kuat yang mengingatkan kepada anak tercinta. Respons ini bisa datang dari kesedihan karena anak-anak sudah dewasa atau kecemasan karena mereka menjadi lebih mandiri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1322 seconds (0.1#10.140)