Mengenal 5 Jenis OCD yang Paling Umum, Gangguan Mental yang Perlu Diwaspadai

Senin, 19 Desember 2022 - 15:55 WIB
loading...
Mengenal 5 Jenis OCD yang Paling Umum, Gangguan Mental yang Perlu Diwaspadai
OCD merupakan akronim dari Obsessive-Compulsive Disorder. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - OCD merupakan akronim dari Obsessive-Compulsive Disorder. Pada pengertiannya, OCD ini bisa diartikan sebagai salah satu bentuk penyakit mental yang bisa membuat penderitanya ingin melakukan sesuatu secara berulang kali.

Dikutip dari laman WebMd, gangguan ODC ini bukan sejenis masalah seperti kebiasaan menggigit kuku atau sering berpikir negatif. Sebagai contohnya, pengidap OCD biasanya suka mencuci tangan berulang kali karena menganggap kurang bersih.

Baca juga : Ini 4 Jenis Penyakit Mental yang Harus Anda Ketahui

Pada jenisnya, Obsessive-Compulsive Disorder atau OCD ini memiliki variasi atau kategori yang berbeda-beda.

Dilansir dari laman St. Luke’s Health, berikut lima jenis OCD yang paling umum dijumpai.

1. Contamination

Jenis OCD ini membuat para pengidapnya ketakutan terhadap hal-hal yang bisa membuatnya kotor atau terkontaminasi kuman dan sejenisnya. Orang dengan keluhan seperti ini biasanya suka mencuci tangannya berulang kali.

Selain itu, mereka juga cukup sering membersihkan barang-barang miliknya guna menghindari kemungkinan terkontaminasi kuman atau bakteri. Intinya, mereka sangat takut dirinya sendiri maupun orang lain akan sakit karena perilakunya yang ceroboh.

2. Intrusive Thoughts

Biasanya, pengidap OCD jenis ini memiliki ide-ide aneh yang menyusahkan dirinya sendiri. Pada prosesnya, ide yang terkesan bertentangan tersebut akan membuatnya tertekan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2860 seconds (0.1#10.140)