10 Tempat Healing di Jabodetabek, Nomor 4 Indah Banget Pemandangannya di Malam Hari

Senin, 19 Desember 2022 - 21:55 WIB
loading...
10 Tempat Healing di Jabodetabek, Nomor 4 Indah Banget Pemandangannya di Malam Hari
Tempat healing di Jabodetabek bisa menjadi pilihan tepat untuk menghilangkan rasa jenuh dan penat. Diantaranya Bukit Alesano Bogor bisa Anda kunjungi bersama teman atau keluarga. Foto/Instagram @ayodolan
A A A
JAKARTA - Tempat healing di Jabodetabek bisa menjadi pilihan tepat untuk menghilangkan rasa jenuh dan penat. Mulai dari Skywalk Senayan Park hingga Hutan Mangrove Taruma Jaya.

Setelah lelah beraktivitas, tetapi tidak memiliki waktu yang cukup panjang untuk berwisata keluar kota, maka healing di lokasi yang cukup dekat dijangkau akan sangat membantu.

Berikut 10 tempat healing di Jabodetabek sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber:

1. Skywalk Senayan Park
10 Tempat Healing di Jabodetabek, Nomor 4 Indah Banget Pemandangannya di Malam Hari

Skywalk Senayan Park adalah bagian dari pusat perbelanjaan Senayan Park (SPARK). Tempat healing yang berlokasi di Jalan Gerbang Pemuda dan tepat berada di seberang kompleks Gelora Bung Karno (GBK) ini diresmikan pada 21 Desember 2021. Salah satu spot favorit di Skywalk adalah lantai tembus pandang.



Dari Skywalk Senayan Park, pengunjung dapat melihat pemandangan ibu kota yang dikelilingi gedung tinggi. Apabila datang pada malam hari, pengunjung bisa menyaksikan city night view Jakarta. Selain itu, fasilitas teropong yang tersedia membuat pengunjung dapat melihat dengan jelas pemandangan Jakarta. Skywall Senayan Park beroperasi pukul 15.00-21.00 WIB.

Apabila menggunakan kendaraan pribadi, dapat melalui jalan tol lingkar dalam dan keluar di pintul tol Semanggi/Senayan, Kebayoran. Lalu bisa menuju Jalan Gatot Subroto dan ke Jalan Gerbang Pemuda lalu ke Jalan Asia Afrika melewati TVRI hingga menemukan pintu masuk Senayan Park.

2. Hutan Kota GBK
10 Tempat Healing di Jabodetabek, Nomor 4 Indah Banget Pemandangannya di Malam Hari

Pemandangan Hutan Kota GBK begitu cantik setelah dilakukan revitalisasi. Pengunjung dapat duduk-duduk atau piknik sambil melihat gedung bertingkat di alam terbuka hijau.

Di sini terdapat taman rerumputan dan tersedia kolam trembesi dengan konsep alas kayu di atasnya. Selain itu, pengunjung bisa pula memanfaatkan fasilitas jogging track. Tak perlu khawatir bila lapar karena ada foodcourt serta kios makanan yang menyajikan aneka menu.



Hutan GBK buka dari Selasa-Minggu pada pukul 06.00-10.00 WIB serta 15.00-18.00 WIB. Bagi pengunjung yang menggunakan transportasi umum dapat menggunakan bus Transjakarta lalu turun di Halte Gelora Bung Karno (GBK). Dari situ, lanjut dengan berjalan kaki ke pintu 5 GBK di seberang FX Sudirman. Butuh 15 menit untuk sampai ke Hutan GBK.

Sementara, pengunjung yang membawa kendaraan pribadi, bisa memarkirkan kendaraannya di area Parkir Selatan GBK, Stadion Akuatik, Pintu Kuning, serta Helipad.

3. Kampoeng Salaka
10 Tempat Healing di Jabodetabek, Nomor 4 Indah Banget Pemandangannya di Malam Hari

Kampoeng Salaka berada di Tamansari, Kabupaten Bogor. Untuk dapat ke sini, pengunjung dikenakan biaya Rp10.000. Di sini terdapat banyak tempat menarik untuk healing.

Kampoeng Salaka adalah tempat wisata dengan pemandangan alam terbuka di tempat ketinggian. Hal ini karena letaknya yang berada di lereng gunung, sehingga Kampoeng Salaka berada di dataran lebih tinggi. Lokasi tersebut membuat Kampoeng Salaka cocok menjadi tempat untuk menikmati panorama Bogor yang menawan dari ketinggian.

Untuk menuju ke tempat ini, pengunjung dapat mengarahkan kendaraan dari pusat kota Bogor ke arah Sukasari. Lalu, lanjut ke arah Pura Parahyangan Agung Jagatkartta. Kampoeng Salaka berada tidak jauh dari pura tersebut. Kampoeng Salaka menawarkan suasana alam yang membuat pengunjung betah serta menawarkan spot foto yang instagramable.

4. Bukit Alesano
10 Tempat Healing di Jabodetabek, Nomor 4 Indah Banget Pemandangannya di Malam Hari

Bukit Alesano terletak di Kecamatan Cijeruk, Bogor. Tempat ini sangat pas untuk healing sembari menikmati pemandangan alam dari ketinggian. Bukit Alesano juga menawarkan pemandangan yang indah pada malam hari. Pengunjung akan dimanjakan dengan gemerlap bintang. Sementara, di saat pagi hari, pengunjung dapat menikmati bentangan alam secara leluasa.

Panorama sawah, hijaunya perbukitan, hingga Gunung Gede Pangrango, menjadi daya tarik tempat ini. Tiket masuk ke Bukit Alesano sebesar Rp10.000. Ada biaya tambahan Rp15.000 yang dikenakan bagi pengunjung yang akan berkemah. Dari Jakarta ke Bukit Alesano, jarak yang ditempuh sejauh 74,6 kilometer.

Rute yang dilalui adalah kawasan Empang, Cipaku, Jalan Raya Cihideung serta Cijeruk. Setelah di Cijeruk kemudian melalui Balai Penelitian Embrio Cijeruk. Pilih lajur kiri untuk menuju Bukit Alesano.

5. Godong Ijo
10 Tempat Healing di Jabodetabek, Nomor 4 Indah Banget Pemandangannya di Malam Hari

Godong Ijo terletak di Jalan Cinangka Raya KM 10 No. 60 Serua-Bojongsari, Depok. Tempat ini mempunyai konsep hutan di tengah kota, dengan area seluas 3 hektare. Beberapa fasilitas yang tersedia di Godong Ijo adalah vertical garden, ecotainment, function room, restoran Sunda, mini zoo, hingga pemancingan.

Untuk menghilangkan penat, pengunjung bisa bercocok tanam, melihat flora dan fauna, atau menikmati makanan di restorannya. Godong Ijo buka setiap hari pada pukul 09.00-20.00 WIB, dengan tiket masuk Rp60.000. Rute yang paling mudah diakses dari pusat Kota Depok menuju ke Sawangan Baru lalu belok kiri ke Jalan Enggram Raya dan ke Jalan Raya Muchtar. Dari Jalan Raya Muchtar, jarak Godong Ijo hanya sejauh 7 kilometer. Pengunjung akan menemukan Godong Ijo di sebelah kiri jalan.

6. Situ Rawa Kalong
10 Tempat Healing di Jabodetabek, Nomor 4 Indah Banget Pemandangannya di Malam Hari

Situ Rawa Kalong terletak di Jalan Rawa Kalong, Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Tempat wisata tersebut terletak 9 kilometer dari Kantor Wali Kota Depok. Untuk mencapai ke sana, pengunjung dapat mengambil arah ke Jalan Ir H Juanda, lalu belok kanan ke Jalan Raya Bogor.

Setelah itu, ke Jalan Nangka lalu belok kiri ke Jalan Rajabrana. Situ Rawa Kalong terdapat di kiri jalan. Pada Agustus 2022, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Situ Rawa Kalong yang baru direvitalisasi.

Setelah direvitalisasi, salah satu fasilitas di situ yang bisa dimanfaatkan pengunjung adalah panggung apung. Panggung apung yang instagramable juga cocok dijadikan spot foto. Situ ini kerap digunakan warga untuk melakukan olahraga santai, memancing, hingga sekadar menikmati suasana.

7. Tebing Koja
10 Tempat Healing di Jabodetabek, Nomor 4 Indah Banget Pemandangannya di Malam Hari

Tebing Koja terletak di kawasan Kampung Koja, Cikuya, Solear, Tangerang, Banten. Tebing Koja mempunyai ikon berupa batu yang mirip dengan Godzilla. Dulunya, lokasi Tebing Koja merupakan tambang pasir yang tidak terpakai hingga akhirnya dimanfaatkan sebagai tempat wisata.

Pengunjung yang tertarik ke tempat wisata ini dapat masuk tol untuk mengambil jalur Tol Merak, lalu keluar gerbang tol menuju Jalan Raya Serang. Kemudian belok kiri ke Jalan Raya Cisoka, lanjut ke Tigaraksa.

Tiket masuk ke tempat wisata Tebing Koja sangat terjangkau, sekitar Rp5.000. Di sini, pengunjung dapat menikmati pemandangan tebing yang eksotis, yang merupakan daya tarik Tebing Koja.

Selain itu, pengunjung juga dapat mendaki tebing untuk melihat pemandangan lebih luas. Mengarungi sungai dengan perahu, menikmati sunset atau sunrise, hingga berfoto-foto adalah beberapa aktivitas lainnya yang ditawarkan Tebing Koja untuk healing.

8. Telaga Biru Cisoka
10 Tempat Healing di Jabodetabek, Nomor 4 Indah Banget Pemandangannya di Malam Hari

Telaga Biru Cisoka terletak di Dusun Cigaru, Desa Cisoka, Kecamatan Cisoka, Tangerang. Berkunjung ke tempat ini dapat KRL Commuter Line dan turun di Stasiun Tigaraksa. Dari Stasiun Tigaraksa, perjalanan dapat dilanjutkan dengan motor menuju Telaga Biru Cisoka.

Dulunya, telaga ini adalah bekas galian pasir yang kemudian disulap menjadi tempat wisata yang cantik. Seperti namanya, Telaga Biru Cisoka menghadirkan telaga dengan air berwarna biru yang indah. Di sini, pengunjung dapat mengelilingi danau menggunakan perahu kecil sambil menikmati pemandangan. Telaga Biru Cisoka cocok untuk mereka yang ingin healing, bersantai, hingga berfoto-foto.

9. Hutan Bambu Bekasi
10 Tempat Healing di Jabodetabek, Nomor 4 Indah Banget Pemandangannya di Malam Hari

Hutan Bambu Bekasi terletak di pinggir Kali Bekasi RT 04 RW 26 Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Bekasi. Selain menikmati suasana alam dengan hijaunya pepohonan bambu, Hutan Bambu Bekasi juga menawarkan beberapa fasilitas untuk healing. Sebut saja, dermaga cinta yang menjadi spot menarik bagi pengunjung.

Pengunjung juga dapat menikmati sarana perahu guna menjelajahi kali Bekasi. Selain itu ada pula rumah pohon yang menambah asri serta keteduhan tempat wisata ini. Keberadaan penangkaran burung di tempat ini semakin menambah suasana alami hutan di kawasan seluas 2,6 hektare ini.

Untuk datang ke Hutan Bambu Bekasi, pengunjung bisa melalui Jalan Chairil Anwar kemudian masuk ke Jalan Letjen Sarbini. Kemudian lanjut melewati Jalan RA Kartini lalu belok di Gang Ranun. Jam operasional Hutan Bambu Bekasi mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB dan dibuka setiap hari.

10. Hutan Mangrove Taruma Jaya
10 Tempat Healing di Jabodetabek, Nomor 4 Indah Banget Pemandangannya di Malam Hari

Hutan Mangrove Taruma Jaya berlokasi di kawasan Pusat Restorasi dan Pembelajaran Mangrove (PRPM) Bekasi di Kampung Palijaya, Desa Segarajaya, Kecamatan Taruma Jaya, Bekasi. Salah satu hal yang tidak dilewatkan pengunjung saat berada di sini adalah melintasi jembatan cinta.

Jika lelah berjalan, pengunjung juga dapat menaiki perahu untuk menikmati pemandangan hutan mangrove yang berada di sekelilingnya. Bila ingin sekadar duduk-duduk, tersedia beberapa saung untuk bersantai dan menikmati hamparan hijau hutan mangrove.

Lokasi obyek wisata ini cukup mudah dijangkau. Dari stasiun atau terminal Bekasi, perjalanan bisa dilanjutkan dengan menggunakan angkutan umum K15A untuk turun di Pasar Bojong Lama. Setelah itu, pengunjung dapat menaiki ojek hingga ke lokasi.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1774 seconds (0.1#10.140)