10 Tempat Healing di DIY, Manjakan Mata dan Tenangkan Pikiran

Selasa, 20 Desember 2022 - 08:59 WIB
loading...
10 Tempat Healing di DIY, Manjakan Mata dan Tenangkan Pikiran
Menjelang liburan akhir tahun, Yogyakarta menjadi salah satu tempat tujuan wisata banyak orang di Indonesia. / Foto: ilustrasi/obelixhills.com
A A A
YOGYAKARTA - Yogyakarta merupakan salah satu tujuan tempat healing . Menjelang liburan akhir tahun, Yogyakarta pun menjadi tempat tujuan wisata.

Mengunjungi tempat wisata alam bisa menjadi healing yang menyenangkan. Dan, berikut 10 tempat healing di Yogyakarta .

1. Hutan Pinus Pengger

10 Tempat Healing di DIY, Manjakan Mata dan Tenangkan Pikiran

(Foto: dok. Pengelola Pinus Pengger)

Hutan Pinus Pengger berlokasi di Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Tempat ini menawarkan pemandangan alam yang indah dengan pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi. Suasana Hutan Pengger yang tenang dari hiruk pikuk kota, menjadikannya tempat yang pas untuk healing dan menenangkan diri. Bila datang di malam hari, pengunjung dapat melihat keindahan Yogyakarta dari ketinggian Hutan Pinus Pengger.

Baca juga: 10 Pulau Kecil di Indonesia yang Cocok untuk Healing, Nomor 8 Bisa Dijadikan Lokasi Kemah

Beragam spot foto instagramable tersedia di sini, seperti jembatan Pinus Pengger, tangan raksasa, hingga rumah Indian. Tempat ini juga menyediakan fasilitas flying fox hingga glamour camping. Melansir akun Instagram @pinuspengger, tiket masuk ke tempat ini sebesar Rp5.000. Sedangkan biaya flying fox Rp20.000 dan glamour camping Rp600.000-Rp700.000. Perjalanan dari Kota Yogyakarta ke Hutan Pinus Pengger ditempuh dalam waktu 48 menit atau kurang lebih 22 kilometer. Perjalanan melalui Jalan Wonosari dan Jalan Pleret Patuk.

2. Bukit Lintang Sewu

10 Tempat Healing di DIY, Manjakan Mata dan Tenangkan Pikiran

(Foto: www.facebook.com/bukitlintangsewu)

Bukit Lintang Sewu terletak di Karang Asem, Muntuk, Dlingo, Bantul. Pengunjung yang datang ke tempat ini akan disambut pemandangan pohon pinus serta udara yang sejuk. Tak hanya itu, Bukit Lintang Sewu juga banyak memiliki spot foto instagramable, ditambah lagi sejumlah gardu pandang berbentuk unik. Pengunjung dapat juga mencoba penginapan di tengah hutan. Penginapan yang berada di tempat ini bergaya glamorous camping.

Melansir akun Instagram @bukitlintang sewu, tempat ini buka pukul 08.00-21.00 WIB, dengan harga tiket masuk Rp5.000. Dengan jarak 24 kilometer dari Kota Yogyakarta, Bukit Lintang Sewu ditempuh dalam waktu sekitar satu jam. Pengunjung dapat mengambil arah ke Terminal Giwangan kemudian ke Jalan Imogiri Timur. Begitu sampai di persimpangan hutan pinus dan arah Kebun Buah Mangunan, ambil arah lurus. Jika sudah melewati hutan pinus, Bukit Lintang Sewu terdapat di sisi kanan jalan.

3. Obelix Hills

10 Tempat Healing di DIY, Manjakan Mata dan Tenangkan Pikiran

(Foto: obelixhills.com)

Obelix Hills berlokasi di Klumprit 1 & 2, Wukirharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Tempat wisata ini terletak di tengah hamparan perbukitan. Lantaran berada di hamparan perbukitan,Obelix Hills adalah salah satu tempat healing di Yogyakarta untuk menikmati sunset.

Melansir akun Instagram @obelixhills, jam operasionalnya adalah Senin-Jumat pukul 12.00-21.00 WIB dengan harga tiket Rp20.000, sementara untuk Sabtu-Minggu atau libur nasional buka pukul 07.00-21.00 WIB dengan biaya Rp25.000. Selain menikmati sunset, pengunjung dapat menikmati panorama alam dari ketinggian hingga menikmati sejuknya udara.

Obelix Hills juga menyediakan spot foto instagramable hingga live music. Dari pusat kota Yogyakarta ke Obelix Hills hanya berjarak 30 menit. Setelah lewat Tebing Breksi, terus menuju ke Candi Ijo hingga menemukan tulisan Obelix Hills sebagai penanda tempat wisata ini.

4. Geblek Menoreh View

10 Tempat Healing di DIY, Manjakan Mata dan Tenangkan Pikiran

(Foto: Instagram @geblekmenorehview)

Geblek Menoreh View terletak di Pamonosutan, Kembang, Pronosutan, Kulon Progo, Yogyakarta. Tempat ini adalah angkringan kekinian yang menawarkan pengunjung dengan pemandangan sawah hijau yang dikelilingi perbukitan.

Geblek Menoreh View juga menawarkan aneka kegiatan, seperti bersepeda, berfoto di tengah sawah, hingga menyantap makanan sambil menikmati hijaunya alam. Beberapa menu makanan yang bisa dipilih, antara lain nasi kucing, tempe mendoan, sate hati, satu usus, bakwan hingga pisang goreng.

Jam operasional Geblek Menoreh View mulai pukul 07.00 hingga 19.00 WIB. Perjalanan dapat dimulai dari Tugu Pal Putih sejauh 18,7 kilometer dengan waktu berkendara kurang lebih satu jam.

5. De Mangol

10 Tempat Healing di DIY, Manjakan Mata dan Tenangkan Pikiran

(Foto: Instagram @demangolview)

De Mangol berlokasi di Jalan Raya Patuk Ngoro-Ngoro KM 1,4, Sumber Wates, Kecamatan, Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Dari Alun-Alun Wonosari ke De Mangol dapat ditempuh dengan waktu sekitar 40 menit dengan jarak 22,6 kilometer.

Melansir akun Instagram @demangolview, jam operasional tempat wisata ini adalah pukul 10.00-21.00 WIB dengan harga tiket masuk Rp20.000. Di tempat ini, pengunjung bisa healing dengan menikmati pemandangan yang hijau serta asri. Tak hanya itu, pengunjung juga dapat melakukan, BBQ, photoshoot, romantic dinner, hingga outbound.

6. Pantai Kesirat

10 Tempat Healing di DIY, Manjakan Mata dan Tenangkan Pikiran

(Foto: Instagram @pantaikesirat)

Pantai Kesirat terletak di Dusun Karang, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Sejumlah pengunjung menyebut Pantai Kesirat sebagai surga tersembunyi di Yogyakarta. Pantai ini menyuguhkan pemandangan indah yang memadukan langit biru dengan pepohonan dan hamparan rumput hijau yang memanjakan mata pengunjung.

Selain itu, Pantai Kesirat juga memiliki keunikan yang menjadi daya tariknya, yaitu tebing-tebing yang memesona. Di Pantai Kesirat, pengunjung dapat berburu spot foto, menikmati sunset, hingga berkemah. Tempat wisata ini buka setiap hari dengan harga tiket masuk sekitar Rp5.000.

7. Hutan Pinus Mangunan

10 Tempat Healing di DIY, Manjakan Mata dan Tenangkan Pikiran

(Foto: Instagram @hutanpinusmangunan)

Hutan Pinus Mangunan berlokasi di Desa Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Sebelum menjadi tempat wisata, dulunya Hutan Pinus Mangunan merupakan tanah yang tandus dan kering. Sampai akhirnya lahan seluas 500 hektare ditanami pohon seperti mahoni, akasia, kayu putih hingga pinus.

Tempat ini memanjakan pengunjung dengan spot foto yang instagramable. Beberapa spot foto yang terkenal antara lain panggung yang dilengkapi kursi kayu, spot sarang burung, spot segitiga akar, hingga rumah pohon. Hutan Pinus Mangunan juga sering dijadikan sebagai tempat untuk menyelenggarakan acara serta kegiatan outing.

8. Tumpeng Menoreh

10 Tempat Healing di DIY, Manjakan Mata dan Tenangkan Pikiran

(Foto: Instagram @tumpengmenoreh)

Tumpeng Menoreh terletak di Desa Ngargoretno, Kulon Progo, Yogyakarta. Tumpeng Menoreh menawarkan panorama alam yang indah. Tempat ini mempunyai bangunan berupa heksagonal dan berbentuk seperti tumpeng, yang dibangun di perbukitan Menoreh. Di sini, pengunjung dapat menikmati matahari terbit atau menyantap makanan sambil menikmati pemandangan Bukit Menoreh.

Dari tempat ini, pengunjung juga bisa memandang Gunung Merapi, Gunung Merbabu, hingga Gunung Sindoro-Sumbing. Sementara di malam hari, pengunjung dapat bersantai sembari menyaksikan pemandangan gemerlap lampu dari atas bukit. Harga tiket masuk Tumpeng Menoreh sebesar Rp50.000. Dari Yogyakarta ke Tumpeng Menoreh, waktu yang ditempuh hanya 15 menit.

9. Bukit Pengilon

10 Tempat Healing di DIY, Manjakan Mata dan Tenangkan Pikiran

(Foto: Instagram @bukitpengilon)

Bukit Pengilon berada di kawasan Purwodadi, Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta. Tempat ini menyuguhkan pemandangan alam yang meliputi perbukitan serta laut lepas. Untuk sampai ke Bukit Pengilon dari Kota Yogyakarta, dibutuhkan waktu sekitar 2 jam berkendara.

Di sini, pengunjung dapat healing dengan menikmati sunrise dan sunset, hiking, berkemah, atau berburu spot yang instagramable. Sejumlah warung milik penduduk sudah tersedia di Bukit Pengilon, sehingga pengunjung yang kelaparan tidak perlu khawatir.

10. Agrowisata Bhumi Merapi

10 Tempat Healing di DIY, Manjakan Mata dan Tenangkan Pikiran

(Foto: Instagram @agrowisatabhumimerapi)

Agrowisata Bhumi Merapi terletak di Jalan Kaliurang KM 20, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Di sini, para pengunjung dapat menemukan spot yang instagramable. Spot foto yang terkenal di sini antara lain Santorini, Arab Street, hingga Bangunan Alpen.

Baca juga: 10 Rekomendasi Tempat Healing di Kota Malang dan Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi

Selain itu, di tempat ini pengunjung dapat berinteraksi dengan hewan-hewan yang menjadi koleksi tempat wisata atau melakukan outbound. Melansir akun Instagram @agrowisatabhumimerapi, tempat ini buka pada Senin-Minggu pukul 09.00-17.00 WIB dengan harga tiket masuk Rp30.000.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2282 seconds (0.1#10.140)