Antusias Masyarakat Gaung Jelajah Cita-Cita di 32 Kota

Selasa, 20 Desember 2022 - 15:57 WIB
loading...
Antusias Masyarakat Gaung Jelajah Cita-Cita di 32 Kota
Memperingati 11 tahun Ibu Profesional, suara jelajah cita-cita menggema di seluruh pelosok Nusantara. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Memperingati 11 tahun Ibu Profesional, suara jelajah cita-cita menggema di seluruh pelosok Nusantara. Ramainya poster mengenai acara jelajah cita-cita tampak menghiasi media sosial sejak 6 bulan terakhir, terutama di kalangan anggota Ibu Profesional.

Mengusung semangat untuk mengenalkan anak kepada beragam profesi membuat tingginya antusiasme masyarakat sekitar. Kepesertaan JCC sendiri terbuka untuk umum di 32 kota di Indonesia. Selama pendaftaran, terjaring lebih dari 6.000 peserta anak yang akan mengikuti jelajah cita-cita ini.

Jelajah Cita-cita berangkat dari semangat Ibu Profesional untuk mengenalkan anak dan orang tua tentang ragam profesi yang ada di dunia. Meskipun dilaksanakan serentak di 32 kota dengan tema yang sama; Jelajah Cita-Cita atau JCC yang dilaksanakan di berbagai tempat tetap mengusung keunikan masing-masing daerah.

JCC mengingatkan kita bahwa jarak yang terbentang, pulau yang tersebar, tidak menghalangi untuk bergerak bersama mengenalkan aneka jenis profesi kepada anak-anak dan orang tua. Tim panitia yang terdiri dari hampir 600 anggota Ibu Profesional, yang tersebar di 32 titik telah membuktikan hal tersebut.



Skala pelaksanaan JCC di 32 kota terbagi menjadi dua, yakni skala besar dan skala kecil. JCC berskala besar dilaksanakan di 17 kota, sedangkan JCC berskala kecil dilaksanakan di 15 kota lainnya. Pada JCC skala besar, panitia menyediakan stand-stand berbagai profesi.

Di sini, anak-anak dan pendamping dapat berjalan-jalan mengamati, bahkan mencoba setiap jenis profesi yang disediakan panitia. Tidak main-main, stand profesi yang disediakan pun menghadirkan pakar yang merupakan para ahli di bidangnya, yang bukan hanya dari kostum, alat peraga, atau perlengkapan penunjang profesinya belaka.

Salah satu regional yang menyelenggarakan JCC skala besar adalah Ibu Profesional Jakarta, panitia menghadirkan beragam profesi,antara lain : Bidan, Crafter, Scientist, Pecinta Alam, Pemadam Kebakaran, Astronom, Dokter GIgi, News Anchor, Arsitek, Koki dan Content Creator, yang serentak tampil pada tanggal 18 Desember 2022 di Hotel Dafam, Jakarta.

Bisa dibayangkan bagaimana anak-anak merasa puas karena dapat menjelajah ke-11 profesi tersebut dalam sehari. Sementara JCC skala kecil dilaksanakan secara bergiliran, setiap profesi akan bergiliran mempresentasikan profesinya di depan anak-anak dengan membawa seluruh perlengkapan.

Meskipun dilaksanakan secara bergiliran, JCC skala kecil tetap menghadirkan pakar yang ahli di bidangnya. Anak-anak pun dapat merasakan langsung bagaimana jika menjadi profesi tersebut. JCC Garut adalah salah satu contoh regional yang menyelenggarakan JCC skala kecil yang dimulai sejak September-November dan puncaknya pada bulan Desember ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2347 seconds (0.1#10.140)