10 Rekomendasi Spot Liburan yang Memanjakan Mata di Sumatera Utara

Rabu, 21 Desember 2022 - 06:36 WIB
loading...
10 Rekomendasi Spot Liburan yang Memanjakan Mata di Sumatera Utara
Sumatera Utara memiliki banyak panorama alam yang indah. Tak heran bila kawasan di provinsi ini dijadikan tempat wisata untuk memanjakan mata dan menenangkan pikiran. Foto/Kemlu.go.id
A A A
MEDAN - Sumatera Utara memiliki panorama alam yang indah. Tak heran bila banyak kawasan di provinsi ini dijadikan tempat wisata untuk memanjakan mata dan menenangkan pikiran.

Wisata alam yang paling terkenal adalah Danau Toba dan Pulau Samosir. Namun, sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata yang cocok untuk liburan di Sumatera Utara. Berikut daftarnya.

1. Danau Toba
10 Rekomendasi Spot Liburan yang Memanjakan Mata di Sumatera Utara

Foto/Kemlu.go.id

Danau Toba adalah danau alami yang indah. Danau ini menjadi salah satu destinasi masyarakat untuk healing. Sebab, sesampainya di sana kita akan menemukan suasana sempurna untuk duduk-duduk dan meresapi keindahan pemandangan yang begitu alami.



Sambil bersantai serta menikmati panorama gunung di hadapan danau yang sejuk dan jernih, segala kekhawatiran dan kepenatan yang dirasakan akan hilang.

Untuk memasuki kawasan Danau Toba kita bakal dikenakan biaya tiket Rp5.000 per orang. Kawasan wisata ini dibuka setiap hari dari pagi hingga malam. Danau Toba juga termasuk dalam Destinasi Super Prioritas yang ditetapkan pemerintah.

2. Batu Gantung, Parapat
10 Rekomendasi Spot Liburan yang Memanjakan Mata di Sumatera Utara

Foto/Instagram @angela_khoe

Tidak jauh dari Danau Toba, terdapat wisata Batu Gantung yang juga menarik perhatian masyarakat. Persisnya terletak di Kota Parapat .

Batuan ini akan membuat pengunjung terpana karena posisinya yang memang menggantung dari bebatuan sekitar tebing. Batu ini terlihat menyerupai postur tubuh manusia dengan posisi lurus ke bawah dengan keadaan terbalik.

Area Batu Gantung juga dikelilingi pemandangan yang sangat indah dan suasana yang masih asri. Lokasi batu khas ini cukup jauh dari Kota Medan, yakni sekitar 176 KM. Memasuki wilayah ini gratis dan jika ingin menyewa kapal ferry, tarif yang dikenakan mulai Rp100.000.

3. Air Terjun Dua Warna, Sibolangit
10 Rekomendasi Spot Liburan yang Memanjakan Mata di Sumatera Utara

Foto/Instagram @sumateraislandtour

Air Terjun Dua Warna terletak di Desa Durin Sirugun, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang. Air terjun ini berada persis di area kaki Gunung Sibayak. Lokasi dari pusat kecamatan menuju Air Terjun Dua Warna masih cukup jauh, yakni memakan waktu 3 jam.

Spo wisata ini dapat memanjakan mata karena air terjunnya indah dan memiliki dua gradasi warna yang berbeda. Air yang tertampung dari pancurannya berwarna putih keabu-abuan, sementara air terjun yang tumpah dari atas berwarna biru muda.

Tidak hanya bermain air, pengunjung juga dapat melakukan aktivitas lain seperti berenang dan bersantai menghangatkan tubuh sambil menyalakan api unggun. Harga tiket masuk untuk menikmati keindahan Air Terjun Dua Warna adalah Rp25.000 per orang.



4. Tangkahan, Langkat
10 Rekomendasi Spot Liburan yang Memanjakan Mata di Sumatera Utara

Foto/Klikhote.com

Tangkahan sudah lama dikenal oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Tangkahan terletak di antara dua desa, yaitu Namo Sialang dan Sei Serdang.

Tempat wisata ini menawarkan keindahan alam yang menakjubkan serta kesegaran udara yang masih sangat asri, dilengkapi sungai mengalir, air terjun, air panas, dan lembah. Di sini pengunjung dapat melakukan aktivitas memandikan gajah, jungle trekking, river tubing, main di air terjun, berenang di air sungai, berendam air hangat, dan berfoto di jembatan gantung.

Kawasan Tangkahan menawarkan tiket bergantung pada aktivitas yang akan dilakukan. Tersedia juga berbagai pilihan paket aktivitas. Untuk biaya masuk Rp10.000 per orang, sementara biaya wisata Rp150.000-Rp400.000. Untuk waktu operasional, kawasan ini dibuka Senin-Kamis, Sabtu, dan Minggu pukul 08.30-16.30 WIB.

5. Bukit Indah Simarjarunjung
10 Rekomendasi Spot Liburan yang Memanjakan Mata di Sumatera Utara

Foto/Itrip.id

Selanjutnya, wisata yang wajib dikunjungi dan cocok dijadikan tempat healing adalah Bukit Indah Simarjarunjung. Obyek wisata ini berada di Jalan Simarjarunjung, Butu Bayu Pane Raja, Kecamatan Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun.

Wisata Bukit Indah Simarjarunjung menyuguhkan keindahan alam yang sangat eksotis dan mempesona. Tentu saja, wisatawan yang berkunjung akan dimanjakan dengan keindahan bukit yang menjulang tinggi disertai pepohonan yang lebat serta suasana yang sejuk.

Selain itu, wisatawan dapat menikmati keindahan Danau Toba dari ketinggian bukit. Wisata Bukit Simarjarunjung juga dilengkapi dengan berbagai macam wahana yang sangat seru dan menarik. Harga tiket yang ditawarkan cukup murah yakni Rp5.000 per orang.

6. Kawah Putih Tinggi Raja
10 Rekomendasi Spot Liburan yang Memanjakan Mata di Sumatera Utara

Foto/Instagram

Objek wisata Kawah Putih Tinggi Raja berada di Desa Dolok Tinggi Raja, Kecamatan Silau Kahean, ujung pelosok Kabupaten Simalungun. Wisata ini memiliki objek kawah yang terlihat eksotis. Warna air kawah yang biru serta dikelilingi oleh batuan kapur dengan salju panas, membuat Kawah Putih Tinggi Raja semakin menawan.

Kawah Putih Tinggi Raja dapat dicapai dengan berkendara sejauh 95 kilometer dari Kota Medan.Untuk memasuki wilayah ini hanya perlu membayar parkir motor Rp5.000 dan parkir mobil Rp10.000. Objek wisata Kawah Putih Tinggi Raja buka setiap hari pukul 07.00-17.00



7. Air Terjun Sipiso Piso
10 Rekomendasi Spot Liburan yang Memanjakan Mata di Sumatera Utara

Foto/Blog.tiket.com

Air Terjun Sipiso Piso merupakan salah satu objek wisata andalan Sumatera Utara. Air terjun ini juga menjadi salah satu air terjun tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 120 meter. Lokasinya di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo.

Air Terjun ini menawarkan pemandangan indah dengan dilatarbelakangi panorama indah Danau Toba, bukit bentangan Pulau Samosir, pematang sawah, dan ladang di Desa Tongging dengan suasana kesegaran alam pegunungan. Harga tiket masuk dewasa Rp7.500, tiket masuk anak-anak Rp5.000, dan parkir Rp5.000. Obyek wisata air terjun ini bisa dikunjungi setiap hari selama 24 jam.

8. Pantai Pandan
10 Rekomendasi Spot Liburan yang Memanjakan Mata di Sumatera Utara

Foto/Utiket.com

Pantai Pandan adalah salah satu pantai yang paling populer di Sibolga. Ketika berada di pantai ini, sejauh mata memandang yang akan terlihat hanyalah perairan yang membentang di laut lepas. Di sebelah kanannya terdapat sebuah bukit yang cukup tinggi yang merupakan daratan wilayah Sibolga.

Pantai Pandan ini air lautnya berwarna hijau kebiru-biruan dan cukup jernih. Airnya tenang, bahkan tanpa ombak.Area di sekitar pantai juga sangat bersih, sehingga ketika berkeliling tidak akan menemukan sampah-sampah yang berserakan.

Untuk bisa menikmati daya tarik dan segala jenis fasilitas di sini, pengunjung tak perlu membayar tiket masuk karena tempat wisata inigratis. Hanya, ada biaya parkir kendaraan yang berlaku untuk para pengunjung yang membawa kendaraan.

9. Danau Linting
10 Rekomendasi Spot Liburan yang Memanjakan Mata di Sumatera Utara

Foto/Travelingmedan.com

Danau Linting adalah salah satu pesona wisata yang ada di Sumatera Utara. Danau ini terletak di tiga desa, yakni Desa Sibunga-Bunga, Desa Gunung Manumpak, dan Desa Durian IV Mbelang di Kecamatan Sinembah Tanjung Muda (STM) Hulu, Kabupaten Deli Serdang.

Terdapat lubang hidrotermal di danau ini, yang memuntahkan air panas dari kedalaman danau. Air di Danau Linting juga sering berubah warna yaitu biru, cyan, dan hijau yang terbentuk akibat proses kimiawi. Pemandangan danau eksotis yang dikelilingi pepohonan hijau semakin menambahkan keunikan panorama kawasan Danau Linting.

Harga tiket untuk memasuki tempat wisata ini hanya Rp5.000 per orang.

10. Vihara Gunung Timur
10 Rekomendasi Spot Liburan yang Memanjakan Mata di Sumatera Utara

Foto/Agendaindonesia.com

Vihara Gunung Timur terletak di Jl Hang Tuah No.16, Madras Hulu, Medan Polonia, Medan, dan merupakan kelenteng Tionghoa (Taoisme) terbesar di Ibu Kota Sumatera Utara itu. Di sini kita akan melihat bangunan dengan arsitektur Tionghoa yang didominasi warna merah menyala berpadu kuning emas.

Kemudian terdapat banyak patung yang menghiasi bangunan vihara. Terlihat juga deretan pilar penyangga atap vihara yang diukir dengan huruf China.

Untuk memasuki Vihara Gunung Timur tidak perlu membeli tiket dan hanya perlu membayar parkir motor Rp5.000 dan parkir mobil Rp10.000. Tempat ini merupakan obyek wisata religi yang usianya hampir 100 tahun.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1129 seconds (0.1#10.140)