5 Olahraga Baik untuk Kesehatan Mental, Nomor 3 Paling Simpel

Kamis, 22 Desember 2022 - 20:15 WIB
loading...
5 Olahraga Baik untuk Kesehatan Mental, Nomor 3 Paling Simpel
Olahraga merupakan aktivitas yang baik untuk menunjang kesehatan fisik dan mental. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Olahraga merupakan aktivitas fisik yang menunjang kondisi fisik dan mental menjadi sehat. Dari sisi fisik, umumnya masyarakat tahu bahwa semua olahraga bisa menyehatkan tubuh, tapi bagaimana dengan mental?

Dr. Heisz, seorang profesor di departemen kinesiologi di Universitas McMaster dalam laman wellandgood menyatakan stres dapat merusak tubuh dan pikiran. Maka dari itu diperlukan latihan atau olahraga untuk mencegahnya.

"Penelitian dari lab NeuroFit saya menunjukkan bahwa stres kronis dapat menyebabkan masalah kesehatan mental pada orang yang belum pernah didiagnosis sebelumnya," kata Dr. Heisz.

Lantas olahraga apa saja yang dapat menyehatkan mental? Berikut ulasannya sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber.



1. Yoga
Salah olahraga yang memang banyak disukai banyak orang, khususnya wanita. Yoga dinilai salah satu olahraga berdasarkan penelitian demi penelitian memiliki efek reduksi yang kuat pada kortisol (hormon stres, jika muncul secara kronis, dapat menyebabkan kecemasan dan serangan panik dan bahkan memicu depresi).

Sehingga dampak yang ditimbulkan pada seseorang yang melakukan yoga, bisa meredakan stres ataupun kecemasan. Bahkan Yoga dipakai untuk beberapa kondisi medis, seperti rehabilitasi, perawatan kanker, dan post-traumatic stress disorder (PTSD).

2. Pilates
Olahraga yang direkomendasikan untuk mengatasi serangan panik (panic attack). Jika pernah mengikuti kelas Pilates sebelumnya, Anda tahu bahwa kelas ini sangat terkontrol.

Kuncinya adalah melakukan setiap latihan dengan presisi sehingga memperoleh manfaat yang maksimal. Melansir essential magazine Pilates, kata para ahli, memungkinkan untuk mendominasi tubuh dan mengendalikan impuls, sekaligus meningkatkan konsentrasi.

3. Berjalan kaki
Jika anda hobi running atau berlari bisa dilakukan sebagai olahraga yang mampu menyehatkan mental. Hal ini juga berlaku, saat kita berjalan kaki, Dr Heisz menyarankan untuk berjalan kaki selama dua menit setelah duduk selama 30 menit.

Untuk berjalan kaki, dikatakan Anda dapat berkomitmen hanya 10 menit sehari untuk memulai. Jadikan itu sebagai rutinitas dan cobalah berjalan-jalan setiap hari, banyak manfaat untuk tubuh dan otak.

4. Berenang
Bagi anda yang suka dunia air, bisa mencoba berenang untuk menyehatkan mental. Umumnya, orang-orang dengan masalah obesitas/gangguan dismorfik tubuh mengalami masalah kepercayaan diri. Nah, berenang bisa membantu menurunkan berat badan berlebih dan mengencangkan otot.

5. Olahraga tim
Bukan hanya olahraga yang secara individu, tetapi juga olahraga secara tim. Olahraga tim seperti tenis, badminton, voly,dll ternyata memiliki dampak kesehatan mental yang lebih baik. Sebab bersama teman, keluarga, atau pasangan, olahraga pun bisa terasa lebih menyenangkan bisa menetralisir kondisi mental/stres kita ya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1829 seconds (0.1#10.140)