Fenomena Mati Kesepian alias Godoksa Terus Meningkat di Korea Selatan

Jum'at, 23 Desember 2022 - 13:28 WIB
loading...
Fenomena Mati Kesepian alias Godoksa Terus Meningkat di Korea Selatan
Fenomena mati kesepian atau dalam bahasa Korea disebut godoksa makin berkembang di tengah masyarakat Korea Selatan. / Foto: ilustrasi/Morning Express
A A A
SEOUL - Fenomena mati kesepian atau dalam bahasa Korea disebut godoksa makin berkembang di tengah masyarakat Korea Selatan . Hal tersebut terjadi lantaran semakin banyak pria tua jomblo yang memilih hidup sendiri.

Satu kasus terjadi pada April 2022 di Distrik Jongno di pusat kota Seoul . Seorang ibu tua berusia 80-an dan putranya berumur 50-an ditemukan tewas tanpa disadari tetangganya. Bau busuk jasad kedua manusia ini menjadi pemicu ditemukannya mayat di rumah ini.

Menurut laporan Korea JoongAng Daily, mayat ibu dan putranya itu baru dikeluarkan dari rumah setelah sebulan membusuk. Tetangganya tidak ada yang sadar akan kematian ini, karena sang ibu sudah sangat tua dan putranya sakit kronis, sehingga mereka jarang berinteraksi dengan tetangga.

Baca juga: The Glory Drama Korea Baru Song Hye Kyo Diangkat dari Kisah Nyata

Kasus mati kesepian seperti yang dialami keluarga nahas tersebut sejatinya banyak dilaporkan di Korea Selatan. Data dari Aliansi Think Tank Seoul (SeTTA) menunjukkan bahwa 127 kematian dalam 2 tahun, 76,4 persennya dialami pria yang hidup sendirian sepanjang hidupnya. Rata-rata usia pria 50 hingga 60-an.

Lebih lanjut, peneliti di Institut Teknologi Seoul, Choi Soo-beom mengungkapkan bahwa data pria mati kesepian di Korea meningkat, dari 51 kasus pada 2020 menjadi 76 di 2021.

"Pria berusia 50 hingga 60-an berada di kelompok berisiko tinggi untuk meninggal sendirian," terang peneliti, seperti dikutip Jumat (23/12/2022).

Song In-joo, peneliti senior di Seoul Welfare Foundation, mengumpulkan total 978 kematian orang mati kesepian di Seoul. Dari jumlah tersebut, 65,8 persen atau 644 kasus adalah laki-laki dan 334 kasus lainnya perempuan.

"Berdasarkan usia, orang berusia 60-an menyumbang 29,1 persen, diikuti usia 50-an (19,3%), dan 70-an (19%). Dari 978 kasus, 933 di antaranya menganggur," sebut laporan Song In-joo.

Baca juga: Profil Kate Winslet, Pemain Avatar 2 yang Berhasil Pecahkan Rekor Tahan Napas di dalam Air Selama 7 Menit

Karena banyaknya kejadian ini, pemerintah Seoul mendistribusikan alat yang ditempelkan di saklar listrik. Alat ini berfungsi memberikan peringatan ke petugas kesejahteraan lokal bahwa ada keluarga yang butuh bantuan dengan indikasi tidak ada penggunaan listrik dalam waktu lama atau tidak adanya perubahan pencahayaan di kediaman.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1240 seconds (0.1#10.140)