5 Kegiatan Anti-bosen Ketika Puasa Masih di Rumah Saja

Selasa, 28 April 2020 - 13:57 WIB
loading...
5 Kegiatan Anti-bosen Ketika Puasa Masih di Rumah Saja
Berkumpul bersama keluarga
A A A
JAKARTA - Puasa tahun ini terasa sangat berbeda karena pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia. Kebiasaan ngabuburit, beribadah ke masjid, buka bersama teman dan kegiatan lainnya ditiadakan tahun ini karena kebijakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) masih diserukan hingga Ramadhan. Bahkan pemerintah juga membuat larangan untuk mudik.

Langkah seperti ini memang yang paling efektif untuk memutus laju penyebaran virus. Namun, tidak bisa dipungkiri juga kalau mengisolasi diri di rumah saja itu sangat membosankan. Apalagi jika puasa, harusnya banyak momen dan kegiatan yang harus dijalankan, tetapi hanya di rumah saja.

Walaupun begitu, masih ada beberapa aktivitas yang dapat Anda lakukan meski melaksanakan ibadah puasa di rumah saja. Selain mendapatkan pahala, Anda juga bisa menghabiskan waktu dengan hal positif dalam melaksanakan ibadah puasa selama PSBB berlangsung. Apa saja kegiatan tersebut? Mari simak ulasan berikut.

Lakukan kegiatan sosial
5 Kegiatan Anti-bosen Ketika Puasa Masih di Rumah Saja

Pada bulan Ramadan yang penuh berkah ini, tidak ada salahnya untuk mengisi waktu luang dengan melakukan kegiatan sosial. Jangan sia-siakan kesempatan emas untuk mendapatkan pahala 1000 kali lipat jika melakukan kebaikan di bulan Ramadan. Ditambah lagi, di tengah pandemi seperti sekarang, pasti lebih banyak lagi orang yang membutuhkan bantuan karena tidak bisa berdagang dengan leluasa, juga masih tidak mempunyai pekerjaan karena di PHK akibat pandemi corona.

Bisnis online
5 Kegiatan Anti-bosen Ketika Puasa Masih di Rumah Saja

Momen di bulan Ramadan biasanya sangat dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis. Daripada Anda berdiam diri saja, lebih baik mencari cuan untuk menambah pendapatan Anda. Dikarenakan PSBB masih terjadi ketika bulan Ramadan, maka metode online yang tidak perlu bertatap muka dan prosesnya hanya dalam genggaman tangan saja adalah pilihan terbaik untuk membeli barang kebutuhan pada Ramadan nanti.

Bisnis online yang ramai pengunjung ketika Ramadan pasti berhubungan dengan makanan. Baik itu sayur-sayuran, daging mentah, frozen food dan makanan matang siap saji. Cobalah juga untuk menggunakan jasa ojek online atau e-commerce untuk urusan delivery.

Bila Anda ingin pinjam dana untuk membuka usaha online, cobalah untuk memanfaatkan layanan pinjaman mini dan jumbo dari Kredivo. Layanan pinjam dana tunai dari Kredivo ini bisa memberikan limit hingga Rp30 juta dengan bunga 2,95% dan tenor mulai dari 1, 3 hingga 6 bulan. Sangat cocok buat Anda yang ingin memulai bisnis online.

Berolahraga
5 Kegiatan Anti-bosen Ketika Puasa Masih di Rumah Saja

Selanjutnya yang dapat Anda lakukan saat mengisi waktu kosong ketika ibadah puasa adalah dengan berolahraga. Jangan langsung berolahraga berat, nanti bila tidak tahan, puasa yang Anda jalani bisa batal. Cobalah untuk berolahraga ringan saja.

Anda bisa lari-lari kecil di dalam rumah atau melakukan peregangan badan untuk mengeluarkan keringat. Buat Anda yang bisa yoga, coba lakukan gerakan yoga secara ringan dan tidak terlalu berlebihan. Kalian bisa melakukan olahraga pada pagi hari saat berjemur atau kalian bisa berolahraga saat sore hari sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Mencoba resep makanan
5 Kegiatan Anti-bosen Ketika Puasa Masih di Rumah Saja

Untuk memperdalam kembali kegiatan tadarus serta ibadah sholat, Anda bisa belajar agama secara online. Banyak cara belajar agama secara online, dengan membaca buku atau mendengarkan ceramah dari ustaz-ustaz terkenal yang ada di media sosial.

Sudah banyak juga ceramah yang online yang dilakukan oleh para ustaz-ustaz terbaik yang ada di Indonesia. Dengan mengisi kegiatan belajar ilmu agama, Anda dapat mendapatkan ilmu lebih untuk memperdalam ibadah kita kepada Allah SWT.
(ars)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1434 seconds (10.55#12.26)