Apakah Pengobatan Herbal Ampuh Sembuhkan Kanker? Begini Penjelasan Dokter

Rabu, 28 Desember 2022 - 12:28 WIB
loading...
Apakah Pengobatan Herbal Ampuh Sembuhkan Kanker? Begini Penjelasan Dokter
Pengobatan kanker secara umum dilakukan dengan kemoterapi yang tujuannya menghambat atau mematikan sel kanker di dalam tubuh. / Foto: ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Pengobatan kanker secara umum dilakukan dengan kemoterapi yang tujuannya menghambat atau mematikan sel kanker di dalam tubuh. Pasalnya, kanker merupakan penyakit yang disebabkan pertumbuhan sel abnormal tak terkendali di dalam tubuh.

Di sisi lain, masyarakat Indonesia banyak yang mengenal pengobatan alami/tradisional. Bahkan, tidak jarang setiap sakitnya dikaitkan dengan beberapa pengobatan tradisional atau herbal.

Lantas, apakah pengobatan herbal mampu menyembuhkan penyakit kanker?

Baca juga: IDI Ingatkan hanya 2 Profesi Ini yang Boleh Keluarkan Surat Izin Sakit

Dokter spesialis penyakit dalam subspesialisasi hematologi onkologi RSUP dr. Hasan Sadikin Bandung, dr. Indra Wijaya, SpPD, menyebutkan jika hingga kini belum ada pembuktian secara penelitian ataupun medis terhadap pengobatan herbal untuk penyakit kanker.

Sejauh ini, herbal hanya berdasarkan kesaksian atau pendapat, sehingga tidak diketahui pasti kebenarannya.

"Bukti ini bukan kesaksian, kata kakak saya obat ini bisa menyembuhkan kanker, itu kesaksian. Kalau bukti itu adalah yang tadinya kanker apa diperiksa, dibuktikan dengan laboratorium sembuh dan tidak hanya satu orang," ungkap dr. Indra dalam Siaran Sehat di Radio Kesehatan, Rabu (28/12/2022).

"Tetapi, herbal-herbal ini mungkin mempunyai potensi berkhasiat, mungkin untuk menyembuhkan kanker mungkin, tapi itu harus dibuktikan," lanjut dia.

Apabila dibandingkan dengan pengobatan medis, seperti kemoterapi. Menurut dr. Indra, tidak ada yang 100% bisa menyembuhkan, karena kemoterapi saja masih ada yang tidak sembuh, bahkan ada juga yang meninggal dunia.

Meskipun begitu, dia memamparkan bahwa pengobatan medis yang sudah dibuktikan secara laboratorium, tidak bisa menyembuhkan 100% penyakit kanker. Bagaimana dengan herbal, yang hingga saat ini masih belum ada bukti ilmiahnya.

Sementara itu, dr. Indra menambahkan jika tingkat penyembuhan seseorang dari kanker dipengaruhi banyak faktor, tergantung dari sisi tingkat atau stadium kanker serta jenis kanker, dan lainnya.

Baca juga: 4 Jajanan Pasar yang Sebabkan Kolesterol Tinggi, Nomor 2 Dimakan Tiap Hari

"Tergantung dari abcd dari stadium, dari jenis kanker, ada juga yang sembuh dari kemo, dan ada juga yang tidak, ada juga yang meninggal. Dan, jangankan herbal, obat dokter aja tidak ada yang bilang 100%, apalagi herbal yang belum ada bukti penelitiannya," pungkasnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1471 seconds (0.1#10.140)