4 Destinasi Unggulan Geopark Ciletuh yang Sangat Menarik Dijelajahi

Kamis, 29 Desember 2022 - 19:56 WIB
loading...
4 Destinasi Unggulan Geopark Ciletuh yang Sangat Menarik Dijelajahi
Keindahan Geopark Ciletuh menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, baik nusantara maupun mancanegara. / Foto: ist
A A A
SUKABUMI - Kabupaten Sukabumi memiliki salah satu warisan dunia yang telah diresmikan United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO). Warisan tersebut adalah Geopark Ciletuh yang berlokasi di Pelabuhan Ratu.

Lokasi tersebut juga sudah menjadi Global Geopark Network pada 12 April 2018. Geopark Ciletuh ditetapkan UNESCO sebagai warisan dunia, yang menjadi penopang ekonomi masyarakat.

Ciletuh sendiri diambil dari nama sungai besar yang bermuara di Teluk Ciletuh, diliputi tebing batu yang membentuk tapal kuda dengan puncak tertinggi 360 meter, dengan bentangan panjang 12 km dan lebar 7 km. Sepanjang patahan tersebut terdapat 8 air terjun.

Baca juga: Banyak Atraksi Tersaji di Geopark Ciletuh Sukabumi, Cocok Jadi Destinasi Libur Akhir Tahun

Sementara Geopark adalah kepanjangan dari Geological Park. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, menjadi Taman Geologi atau Taman Bumi. Itu mengandung makna sebagai sebuah kawasan yang memiliki unsur-unsur geologi, memiliki nilai arkeologi, ekologi, dan budaya.

Masyarakat setempat turut diajak berperan juga untuk melindungi, dan meningkatkan fungsi dari warisan alam tersebut.

Nah, keindahan Geopark Ciletuh menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, baik nusantara maupun mancanegara. Maka dari itu Geopark Ciletuh Spektakuler 2022 mengajak Anda untuk menjelajahi 4 destinasi unggulan di Geopark Ciletuh, sebagai berikut.

1.Pulau Kunti

Jika mendengar namanya, yaitu Pulau Kunti memang terdengar seram dan penuh misteri. Akan tetapi pulau ini sebenarnya memiliki keindahan yang memesona di sekitarnya.

Pulau Kunti berada di ujung semenanjung area Gunung Badak kawasan Hutan Suaka Margasatwa Cikepuh atau Cagar Alam Cibanteng. Satu kawasan dengan pesona hamparan keindahan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1828 seconds (0.1#10.140)