Kolesterol Naik Usai Makan Seafood di Malam Tahun Baru? Turunkan Pakai 4 Cara Alami Ini

Minggu, 01 Januari 2023 - 15:01 WIB
loading...
Kolesterol Naik Usai Makan Seafood di Malam Tahun Baru? Turunkan Pakai 4 Cara Alami Ini
Dalam merayakan Tahun Baru, biasa diwarnai dengan bakar-bakaran makanan laut (seafood) bersama kerabat atau keluarga yang bisa memicu kadar kolesterol naik seketika. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Momen pergantian tahun baru dari 2022 ke 2023, sudah dilewatkan oleh banyak orang. Dalam merayakannya, biasa diwarnai dengan bakar-bakaran makanan laut (seafood) bersama kerabat atau keluarga yang bisa memicu kadar kolesterol naik seketika.

Obat alami bisa menjadi pilihan bagi mereka penderita kolesterol. Secara umum kolesterol terjadi, akibat pola hidup yang tidak sehat ataupun makan sembarangan.

Lantas cara alami apa saja yang bisa menurunkan kolesterol?, Berikut ulasannya dirangkum dari MedlinePlus.

1. Daun Sirih
Daun yang dikenal bisa dikonsumsi sebagai jamu atau ramuan herbal, bisa mengobati kolesterol secara alami. Jadi bisa menggunakan daun sirih, dengan merebusnya dalam air sampai mendidih, dengan jumlah daun sirih yang direbus minimal 3-4 lembar.

"Efek penurun lipid dari daun sirih ada eugenol, antioksidan alami yang menetralkan radikal bebas. Eugenol selanjutnya menghambat biosintesis kolesterol di hati, dan mengurangi penyerapan lipid di usus," jelas keterangan dalam website MedlinePlus.



2. Kunyit
Kunyit dikenal sebagai ramuan herbal khas Indonesia ternyata bisa menurunkan kolesterol. Konsumsi kunyit putih dapat menurunkan, kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam tubuh.

Oleh karena itu, tanaman ini bisa jadi alternatif obat alami bagi penderita kolesterol dan trigliserida tinggi. Dengan begitu, risiko penyakit jantung dan stroke pun dapat berkurang.

3. Jahe
Jahe dipercaya sebagai ramuan herbal untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dalam sebuah penelitian tahun 2018, terhadap 60 orang dengan hiperlipidemia, 30 orang yang menerima atau meminum 5 gram jahe setiap hari.

Bisa menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat) sebesar 17,4% selama periode 3 bulan. Jahe juga efektif melawan virus pernapasan syncytial (RSV), penyebab umum infeksi pernapasan.

4. Wortel
Mengonsumsi wortel ternyata mampu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Menurut para peneliti di Wolfson Gastrointestinal Laboratory di Edinburgh, Skotlandia menemukan bahwa kadar kolesterol seseorang turun rata-rata 11 persen.

Hal sama jika mengonsumsi tujuh ons wortel mentah setiap hari selama tiga minggu. Wortel yang mengandung serat laut dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1446 seconds (0.1#10.140)