5 Seafood Rendah Kolesterol yang Aman Dikonsumsi

Senin, 22 Agustus 2022 - 14:24 WIB
loading...
5 Seafood Rendah Kolesterol yang Aman Dikonsumsi
Kolesterol tinggi menjadikan penderitanya harus memiliki pantangan dalam mengonsumsi beberapa jenis seafood. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Kolesterol tinggi menjadikan penderitanya harus memiliki pantangan dalam mengonsumsi beberapa jenis seafood. Namun, jangan salah, makanan laut pun sebenarnya ada yang aman dikonsumsi karena memiliki kadar lemak jenuh yang rendah.

Melansir laman MedicineNet, seafood yang tidak aman dikonsumsi oleh penderita kolesterol salah satunya cumi-cumi yang mengandung 231 mg kolesterol. Sebab, jumlah ini melebihi batas yang seharusnya kurang dari 200 mg per hari.

Metode memasak juga memengaruhi kadar kolesterol dalam makanan. Sehingga untuk mendapat manfaat yang maksimal, sebaiknya seafood dimasak menggunakan sedikit garam dan minyak.

Baca Juga: 5 Cara Menurunkan Kolesterol setelah Makan Seafood, Ampuh Tanpa Obat

Menggoreng sebenarnya juga akan menambah kalori yang tidak sehat pada makanan dan dapat meningkatkan risiko penyakit seperti jantung, obesitas, dan tekanan darah tinggi. Maka itu, akan lebih baik memasak dengan cara memanggang, mengukus, atau dibakar ketimbang menggoreng.

Lantas, apa saja seafood yang rendah kadar kolesterolnya? Berikut lima jenisnya, dilansir dari berbagai sumber.

1. Salmon

Ikan salmon mengandung 63 mg kolesterol dan 12 gram total lemak. Dengan jumlah tersebut, tentu ikan yang kaya akan omega 3 ini aman untuk dikonsumsi.

Selain itu, seafood satu ini juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh sehingga dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Daging ikan ini mengandung magnesium, niacin, serta berbagai vitamin seperti vitamin D, B12, dan B6.

2. Tuna
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3176 seconds (11.252#12.26)