7 Jenis Olahraga yang Akan Ngetren di 2023 untuk Lengkapi Resolusi Sehat Anda

Minggu, 01 Januari 2023 - 17:25 WIB
loading...
7 Jenis Olahraga yang Akan Ngetren di 2023 untuk Lengkapi Resolusi Sehat Anda
Memilih berbagai jenis olahraga mungkin bisa masuk ke dalam list resolusi sehat Anda. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Tahun 2023 baru saja dimulai. Berbagai resolusi pun telah dipersiapkan, termasuk hidup sehat. Karena itu, memilih berbagai jenis olahraga mungkin bisa masuk ke dalam list resolusi sehat Anda.

Bicara soal olahraga, terdapat beberapa jenis olahraga yang diprediksi akan menjadi tren di tahun 2023 ini. Salah satunya olahraga yang bisa memberi manfaat bagi kesehatan mental.

Hal itu mengingat pada beberapa tahun sebelumnya masyarakat dunia berjuang melewati pandemi Covid-19 yang memicu berbagai masalah kesehatan mental. Lantas, olahraga apa saja itu? Berikut ulasannya, dirangkum dari beberapa sumber, Mingu (1/1/2023).



1. Standing Abs Workout

Selama pandemi banyak orang berolahraga menggunakan matras yoga. Nah, di 2023, olahraga satu ini kemungkinan akan jadi tren. Latihan otot perut ini menjadi lebih populer karena dapat melatih inti tubuh sambil berdiri tegak, sehingga membawa manfaat yang berbeda dari sit-up biasa.

Termasuk memperbaiki postur lebih efektif daripada gerakan terlentang, melibatkan lebih banyak kelompok otot, dan mencegah cedera yang berkaitan dengan keseimbangan.

Untuk melakukannya, Anda dapat menambahkan kettlebell atau dumbel untuk menantang inti tubuh lebih jauh. Selain itu, latihan ini bisa lebih mudah dilakukan oleh orang-orang dengan dada yang lebih besar.

2. Latihan Mobilitas

Olahraga selanjutnya yang diprediksi akan jadi tren pada 2023 adalah latihan mobilitas. Latihan satu ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menggerakkan otot atau kelompok otot dengan aman melalui berbagai gerakan dalam sendi.

Banyak cedera dan disfungsi otot yang disebabkan karena kurang bergerak. Jadi, latihan mobilitas akan sangat penting untuk memastikan persendian berfungsi penuh dan Anda dapat bergerak tanpa rasa sakit.

Meski mobilitas sama sekali berbeda dari fleksibilitas. Mobilitas adalah kemampuan untuk menggerakkan otot atau kelompok otot melalui berbagai gerakan. Sementara fleksibilitas adalah kemampuan jaringan ikat untuk memanjang sementara.

Latihan mobilitas lebih dari sekadar membuat tubuh jadi fleksibel. Mengembangkan mobilitas dapat membantu meningkatkan gerakan fungsional, mencegah cedera, mengurangi rasa sakit, dan banyak lagi.

3. Virtual Reality Workouts

Virtual reality (VR) workouts selama tahun 2023 diprediksi akan menjadi arus utama karena perangkat berteknologi tinggi ini semakin populer. Layanan augmented reality dan VR kemungkinan akan terus berkembang.



4. Latihan Postur

Latihan postur juga akan menjadi salah satu olahraga yang mungkin akan jadi tren di 2023. Hal ini karena semakin banyak orang mengalami efek samping dari otot postural yang lemah, seperti tech neck atau dowager’s hump.

Latihan ini dapat memperbaiki postur tubuh untuk kehidupan sehari-hari yang nyaman dan bebas rasa sakit. Pada kehidupan WFH, latihan postur melatih serta memperkuat otot-otot yang menopang tulang belakang dan kompleks pinggul lumbopelvic. Ini merupakan kunci dalam menjaga tubuh tetap tegak.

5. Latihan Biofilia

Olahraga selanjut yang akan menjadi tren di 2023 yakni latihan biofilia. Latihan ini berpusat pada hubungan dengan alam, baik secara fisik maupun emosional. Latihan yang melibatkan alam memang telah meningkat popularitasnya sepanjang tahun 2022.

Paparan ke alam memberikan berbagai manfaat kesehatan dan kebugaran, termasuk peningkatan suasana hati, produktivitas, peningkatan fungsi kognitif, dan peningkatan pemikiran kreatif. Berolahraga di luar juga berdampak pada tingkat stres.

6. Latihan Beban Wanita

Bagi Anda yang kerap pergi ke gym pascapandemi, mungkin melihat lebih banyak wanita yang mengangkat beban daripada jogging di atas treadmill. Selama bertahun-tahun, latihan beban menjadi populer sebagai bagian dari semua rutinitas olahraga para pengunjung gym.

Menariknya, semakin banyak wanita yang melakukan latihan kekuatan alih-alih kardio saja untuk mendapatkan manfaat bagi pikiran dan tubuh. Jadi, ini juga kemungkinan menjadi olahraga yang tren pada 2023.

7. Gerakan Primal

Latihan gerakan primal adalah kumpulan gerakan yang melatih tubuh di bidang yang berbeda yang juga diprediksi akan menjadi tren di 2023. Latihan ini adalah gerakan yang secara alami dapat bermanfaat untuk tubuh, setelah duduk dan bekerja sepanjang waktu.

Pada 2023, ini akan jadi olahraga yang tren. Sebagai latihan yang konvensional dan antiteknologi, aktivitas ini mengajak orang untuk meletakkan ponsel mereka dan memprioritaskan postur tubuh.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2212 seconds (0.1#10.140)