5 Mitos dan Fakta Tentang Penyakit Sinusitis yang Perlu Diketahui, Jangan Keliru!

Jum'at, 06 Januari 2023 - 20:55 WIB
loading...
5 Mitos dan Fakta Tentang Penyakit Sinusitis yang Perlu Diketahui, Jangan Keliru!
Sinusitis atau sinus merupakan salah satu penyakit yang kerap menghambat aktivitas karena ketidaknyamanan yang ditimbulkan. Foto/Ilustrasi/Dok.Sindonews
A A A
JAKARTA - Sinusitis atau sinus merupakan salah satu penyakit yang kerap menghambat aktivitas karena ketidaknyamanan yang ditimbulkan. Pasalnya, penyakit yang satu ini sering kali membuat pengidapnya kewalahan untuk bernapas.

Alasannya simpel, penyakit ini membuat hidung tersumbat yang disertai keluarnya cairan kuning kehijauan. Penyebab utama dari sinusitis adalah infeksi virus maupun alergi yang bisa menyebabkan pembengkakan dinding dalam hidung.

Sinusitis umumnya terjadi di dinding tulang pipi dan dahi yang fungsinya mengatur suhu dan kelembapan udara sebelum masuk ke paru. Nah, rongga ini juga biasa dikenal dengan rongga sinus.

Meski kasus sinusitis cukup banyak dialami orang Indonesia, namun masih banyak yang belum mengetahui lebih dalam terkait penyakit satu ini. Selain itu banyak mitos-mitos beredar terkait sinusitis.



Nah, agar tidak terkecoh, simak mitos dan fakta yang perlu Anda ketahui terkait sinusitis berikut ini.

1. Mitos bahwa sinusitis dapat menular

Sebenarnya dalam beberapa kasus sinusitis, penyakit ini memang bisa menular dari satu pengidap ke orang yang sehat. Namun, hal ini amat bergantung pada penyebab sinusitis. Sinusitis sendiri terbagi menjadi dua, yaitu bakteri dan virus.

Saat sinus tersumbat dan dipenuhi oleh lendir, maka timbulah gejala pilek atau flu. Nah, bakteri di dalam sana bisa berkembang dan menyebabkan infeksi di sinus.

Dalam kebanyakan kasus, bakteri yang jadi penyebab sinusitis adalah Streptococcus pneumonia, Staphylococcus aureus, Haemophilus influenza, dan Moraxella catarrhalis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1941 seconds (0.1#10.140)