Bisa Kurangi Risiko Diabetes Tipe 2, Ini 5 Manfaat yang Mengesankan dari Apel

Sabtu, 07 Januari 2023 - 16:28 WIB
loading...
Bisa Kurangi Risiko Diabetes Tipe 2, Ini 5 Manfaat yang Mengesankan dari Apel
Buah apel tidak hanya nikmat dikonsumsi secara utuh, tapi juga diolah juga ke dalam resep, seperti pai, kue, muffin, selai, salad, oatmeal, atau smoothie. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Buah apel tidak hanya nikmat dikonsumsi secara utuh. Tak jarang buah ini diolah juga ke dalam resep makanan, seperti pai, kue, muffin, selai, salad, oatmeal, atau smoothie.

Apel juga bisa dibuat camilan enak sendiri, atau dengan mengolesi mentega kacang pada potongan buah apel. Apel merupakan buah yang sangat sehat dengan banyak manfaat yang didukung penelitian.

Selain dikenal dengan kandungan vitamin A-nya yang tinggi, berikut 5 manfaat kesehatan yang mengesankan dari buah apel, seperti dilansir dari laman kesehatan Healthline pada Sabtu (7/1/2023).

Baca juga: Orang Non-Diabetes Bisa Picu Kadar Gula Tinggi, Ini Penyebabnya

1. Bergizi

Apel dinilai sebagai buah padat nutrisi, yang artinya memberikan banyak nutrisi per porsi. Satu apel ukuran sedang, 200 gram menawarkan nutrisi berikut ini:

Kalori: 104
Karbohidrat: 28 gram
Serat: 5 gram
Vitamin C: 10% dari Nilai Harian
Tembaga: 6% dari DV
Kalium: 5% dari DV
Vitamin K: 4% dari DV
Porsi yang sama juga menyediakan 2–5% DV untuk vitamin E, B1, dan B6.

Apel adalah sumber serat dan vitamin C yang baik. Apel juga mengandung antioksidan, seperti vitamin E, dan polifenol yang berkontribusi pada banyak manfaat kesehatan buah.

Vitamin E berfungsi sebagai antioksidan yang larut dalam lemak, vitamin B1 juga dikenal sebagai tiamin, dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan, dan vitamin B6 penting untuk metabolisme protein.

2. Berperan untuk Membantu Menurunkan Berat Badan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5562 seconds (0.1#10.140)