5 Penyebab Kencing Manis alias Diabetes Melitus, Anak Muda Wajib Baca

Selasa, 10 Januari 2023 - 14:36 WIB
loading...
5 Penyebab Kencing Manis alias Diabetes Melitus, Anak Muda Wajib Baca
5 penyebab kencing manis dalam artikel ini patut diketahui anak muda, karena sekarang penyakit diabetes melitus sudah banyak dialami generasi muda. / Foto: ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - 5 penyebab kencing manis dalam artikel ini patut diketahui anak muda. Pasalnya, saat ini penyakit diabetes melitus sudah banyak dialami generasi muda.

Ya, Kementerian Kesehatan mencatat bahwa terjadi perubahan tren penyakit tidak menular di masyarakat Indonesia, salah satunya penyakit kencing manis atau diabetes . Kini, penyakit tersebut sudah banyak dialami mereka berusia produktif.

Artinya, kencing manis bukan lagi penyakit orang tua seperti image-nya dahulu, tapi kini banyak diidap anak muda. Salah satu faktor penyebab tentu saja gaya hidup yang tidak sehat.

Baca juga: Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang dan Cara Meredakannya

Orang-orang dengan kondisi badan kegemukan, kurang aktivitas fisik, punya riwayat jantung, hingga diet tidak seimbang sangat rentan kena kencing manis. Mereka tergolong dalam kelompok faktor risiko diabetes melitus.

Lebih detailnya, berikut 6 faktor risiko seseorang kena diabetes melitus.

- Kegemukan atau berat badan lebih yang diindikasikan IMT di atas 23 kg/m2 atau lingkar perut pada pria lebih dari 90 cm dan perempuan lebih dari 80 cm.

- Kurang aktivitas fisik.

- Dislipidemia atau kolesterol HDL kurang atau sama dengan 35 mg/dl dan trigliserida lebih dari atau sama dengan 250 mg/dl.

- Riwayat penyakit jantung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1284 seconds (0.1#10.140)