Ini Tanda-Tanda Pasangan Manipulatif, Salah Satunya Romantis Berlebihan

Kamis, 12 Januari 2023 - 08:44 WIB
loading...
Ini Tanda-Tanda Pasangan Manipulatif, Salah Satunya Romantis Berlebihan
Dalam suatu hubungan, sikap romantis memang menjadi perilaku yang menyenangkan. Meski begitu, Anda perlu tetap waspada, sebab sikap tersebut menjadi tanda manipulatif dari pasangan. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Venna Melinda baru-baru ini melaporkan sang suami, Ferry Irawan, atas dugaan kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Laporan ini menghebohkan warganet lantaran keduanya diketahui selalu tampil romantis dan kerap saling memuji ketika berada di tengah masyarakat atau tampil di layar televisi.

Dalam suatu hubungan, sikap romantis memang menjadi perilaku yang menyenangkan. Meski begitu, Anda perlu tetap waspada, sebab sikap tersebut menjadi tanda manipulatif dari pasangan.



Lantas, apa kaitan antara sikap romantis dengan tanda-tanda manipulatif pasangan? Berikut ulasannya, dikutip dari laman Healthline, Kamis (12/1/2023).

Memiliki pasangan yang memberi perlakuan romantis kepada Anda tentu menyenangkan. Selain merasa dihargai, sikap romantis yang diberikan juga kerap membuat pasangan merasa aman dan nyaman. Namun, sebaiknya Anda tidak cepat terbuai dengan sikap romantis yang pasangan berikan.

Umumnya, sikap romantis yang sehat membuat Anda dan pasangan memiliki rasa percaya, menghargai satu sama lain, memiliki komunikasi yang baik, hingga perasaan bahagia saat bersama dengan pasangan.

Namun, jika Anda tidak merasakan hal-hal tersebut, bisa jadi sikap romantis yang dilakukan oleh pasangan hanya sebuah tindakan manipulatif. Dalam sebuah hubungan, tindakan manipulatif adalah aksi yang dilakukan untuk mengendalikan pasangan. Biasanya, pasangan yang toxic akan melibatkan emosi untuk mengubah perilaku pasangan.

Love bombing menjadi salah satu tindakan manipulasi yang kerap diterima seseorang saat berada di dalam toxic relationship. Biasanya pelaku love bombing akan menghujani pasangan dengan kata-kata cinta, sikap romantis, hingga pemberian berbagai barang untuk mengendalikan pasangan.



Seseorang yang mengalami love bombing biasanya tidak akan menyadari bahwa dirinya berada dalam tindakan manipulatif pasangannya. Pelaku manipulatif juga akan membuat pasangan merasa buruk terhadap diri sendiri, sehingga memiliki ketergantungan pada pasangannya.

Ada beberapa tanda saat Anda berada dalam hubungan yang tak sehat selain mengalami berbagai sikap manipulatif. Misalnya kerap mengalami perasaan tertekan, cemas, hingga stres saat bertemu pasangan, kurang mendapatkan dukungan dari pasangan mengenai berbagai hal atau keputusan yang akan dijalani, serta tidak menjalani komunikasi yang baik dengan pasangan.

Karena itu, sebaiknya waspada terhadap pasangan yang kerap melakukan tindakan manipulatif dalam hubungan. Pasalnya, tak hanya menyebabkan kekerasan secara emosional dan verbal, tindakan ini juga bisa meningkatkan risiko kekerasan secara fisik dalam hubungan.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1377 seconds (0.1#10.140)