Sangat Berbahaya, Ini Beberapa Masalah Kesehatan yang Disebabkan Chiki Ngebul

Kamis, 12 Januari 2023 - 11:19 WIB
loading...
Sangat Berbahaya, Ini Beberapa Masalah Kesehatan yang Disebabkan Chiki Ngebul
Chiki ngebul yang mengandung nitrogen cair jika dikonsumsi berlebihan dan dalam jangka panjang bisa menyebabkan masalah kesehatan serius. / Foto: dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Kesehatan telah menyampaikan bahaya dari chiki ngebul. Camilan ini juga bisa berdampak serius pada tubuh manusia. Seperti diketahui, 28 anak di Jawa Barat telah menjadi korban camilan ini.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, Maxi Rein Rondonuwu menjelaskan, chiki ngebul yang mengandung nitrogen cair jika dikonsumsi berlebihan dan dalam jangka panjang bisa menyebabkan masalah kesehatan serius.

Masalah kesehatan akibat chiki ngebul itu antara lain radang dingin, luka bakar atau cold burn pada jaringan kulit, tenggorokan terasa terbakar, bahkan dapat terjadi kerusakan internal organ.

Baca juga: Kasus Keracunan Chiki Ngebul, Dokter Jelaskan Bahaya Nitrogen Cair

"Ini disebabkan oleh suhu yang teramat dingin dan langsung bersentuhan dengan organ tubuh dalam waktu lama," ungkap Maxi dalam keterangan resminya, Kamis (12/1/2023).

Selain masalah tersebut, menghirup uap asap nitrogen dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kesulitan bernapas yang cukup parah.

"Nitrogen cair bukan hanya berbahaya bila dikonsumsi, tapi jika uapnya terhirup dapat menyebabkan kesulitan bernapas yang cukup parah," kata dia.

Baca juga: Makanan Pantangan Penderita Kolesterol Tinggi, Sebaiknya Dihindari

Sebelumnya, sebanyak 28 anak di Jawa Barat, Tasikmalaya (24 kasus) dan Bekasi (4 kasus) dilaporkan keracunan chiki ngebul. Bahkan, satu kasus di Bekasi dilaporkan alami kerusakan serius pada usus anak yang mengonsumsi camilan ini.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1293 seconds (0.1#10.140)