Chiki Ngebul Marak Dikonsumsi Anak, Kemenkes Ungkap Dampak Bahayanya Bagi Kesehatan

Kamis, 12 Januari 2023 - 16:37 WIB
loading...
Chiki Ngebul Marak Dikonsumsi Anak, Kemenkes Ungkap Dampak Bahayanya Bagi Kesehatan
Chiki Ngebul/Foto: Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Direktur Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr. Anas Ma'ruf mengungkap sejumlah bahaya mengkonsumsi Chiki Ngebul yang belakangan ini tengah menjadi sorotan karena memakan korban.

Sebagian besar kasus Chiki Ngebul di Indonesia adalah anak-anak, dengan berbagai gejala hingga dirawat di sejumlah Rumah Sakit.

Dalam penjelasannya, dr Anas Ma'ruf mengatakan bahwa bahaya anak-anak yang telah mengkonsumsi makanan dari bahan nitrogen cair itu umumnya mengalami radang dingin dan luka bakar.

Selain itu, ada juga yang sulit bernafas karena mengirup uap dari Chiki Ngebul. Kemudian tak sedikit pula yang sakit tenggorokan, jika dikonsumsi dalam bentuk cair.



"Karena suhu yang teramat dingin dan langsung bersentuhan dengan organ tubuh, dapat memicu kerusakan internal dengan organ tubuh," ungkapnya dalam Konferensi Pers terkait Kewaspadaan Nitrogen Cair pada Pangan Siap Saji secara online, Kamis (12/1/2023)

"Ternyata juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan bisa di tenggorokan bisa sampai ke lambung dan sebagainya. Juga bisa menyebabkan berbagai gangguan di saluran pencernaan jika tertelan," tambahnya.

Terkait dengan itu, Kemenkes meminta semua pihak untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya konsumsi jajanan ice smoke atau Chiki Ngebul yang banyak dijual.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1836 seconds (0.1#10.140)