Profil dan Biodata Jeff Beck, Gitaris Asal Inggris yang Tutup Usia Terkena Penyakit Meningitis

Kamis, 12 Januari 2023 - 16:57 WIB
loading...
Profil dan Biodata Jeff Beck, Gitaris Asal Inggris yang Tutup Usia Terkena Penyakit Meningitis
Jeff Beck, musisi terkenal, yang bermain dengan Yardbirds dan memimpin Grup meninggal di usia yang ke 78 tahun pada hari Selasa, 11 Januari 2023 lalu. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Jeff Beck, musisi terkenal, yang bermain dengan Yardbirds dan memimpin Grup meninggal di usia yang ke 78 tahun pada hari Selasa, 11 Januari 2023 lalu. Penyebab kematiannya yang tiba-tiba diduga karena tertular meningitis bakteri.

Meningitis adalah infeksi pada selaput pelindung yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang. Menurut situs web NHS, itu dapat menyebabkan keracunan darah yang mengancam jiwa dan mengakibatkan kerusakan permanen pada otak atau saraf.

Jeff Beck atau yang memiliki nama lengkap Geoffrey Arnold Beck adalah pria kelahiran 24 Juni 1944, Wallington, Surrey, Inggris. Selama menjadi seorang gitaris, ia banyak memberikan pengaruh besar dalam perkembangan musik heavy metal dan genre jazz-rock.

Baca juga : Sebelum Terlambat, Kenali Gejala Meningitis

Berkat kepiawaiannya dalam bermain gitar terutama dalam musik rock membuat namanya menjadi besar dan masuk dalam kategori salah satu gitaris paling disegani dalam musik rock.

Pada tahun 1965 nama Beck menjadi terkenal melalui Yardbirds dan menjadi gitaris utama setelah menggantikan Eric Clapton. Tahun berikutnya, setelah meninggalkan Yardbirds, Beck mendirikan grup sendiri yang bernama Grup Jeff Beck dengan menampilkan vokalis Rod Stewart dan bassis Kyu Ron.

Band yang didirikan Beck tersebut menjadi terkenal dan berhasil mempelopori genre blues dan juga aliran heavy metal. Namun tidak berlangsung lama setelah itu, Steward dan Wood meninggalkannya untuk bergabung ke grup Small Face.

Kemudian pada tahun 1971 Beck membuat Group Jeff Beck terbaru dengan membawa Bobby Tench pada vokal utama dan Cozy Powell pada drum. Mereka merilis dua album dengan ritme blues yakni Rough and Ready pada tahun 1971 dan Ice Cream Cakes pada 1972.

Akan tetapi band tersebut tidak berlangsung lama, pada tahun 1973 ia kembali membuat grup baru dengan menambahkan personel terkenal yakni Fudge Carmine Appice dan Tim Bogert. Setelah beberapa kali mereka tampil dengan album barunya, ketiganya mendapat respon negatif dari beberapa kalangan, sehingga mereka memilih untuk membubarkan diri.

Setelah itu, Beck memutuskan untuk berkarir solo yang menampilkan musik khasnya fusi jazz yang serba instrumental. Beck merekam seluruh instrumennya tanpa vokal hingga sisa hidupnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1988 seconds (0.1#10.140)