10 Makanan yang Cepat Rusak Apabila Disimpan di Kulkas, Nomor Terakhir Paling Sering

Kamis, 12 Januari 2023 - 17:31 WIB
loading...
10 Makanan yang Cepat Rusak Apabila Disimpan di Kulkas, Nomor Terakhir Paling Sering
Terdapat sedikitnya sepuluh makanan yang cepat rusak apabila disimpan di kulkas. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sedikitnya sepuluh makanan yang cepat rusak apabila disimpan di kulkas . Pada penggunaan sehari-hari, kulkas menjadi salah satu alat yang cukup banyak digunakan orang.

Hal ini tentu tidak lepas dari fungsinya yang cukup beragam, dari mengawetkan makanan hingga mendinginkan makanan.

Akan tetapi, ternyata tidak semua jenis makanan cocok untuk disimpan di kulkas. Alih-alih akan tersimpan lebih lama, hal tersebut justru akan merusaknya.

Baca juga : Trik Menyimpan Makanan agar Awet dan Tetap Lezat saat Disantap

Dilansir dari laman Reader’s Digest, Kamis, (12/1/2023), berikut sepuluh makanan yang cepat rusak apabila disimpan di kulkas.

1. Kemangi

Kemangi menjadi salah satu jenis tanaman tropis yang cukup banyak digunakan dalam olahan makanan. Akan tetapi, mereka bisa cepat menghitam apabila disimpan di bawah suhu rendah.

Maka dari itu, bagi Anda yang memiliki sisa kemangi untuk dipakai, akan lebih baik menyimpannya di atas meja yang teduh. Selain itu, bisa juga menggunakan konsep vas bunga yang diisi air dengan merendam batangnya.

2. Tomat

Suhu dingin disebut bisa mengubah jalur kimiawi dari tomat. Pada akibat yang diberikan, hal tersebut bisa memperlambat jalur yang memberikan rasa segar, serta mempercepat jalur lain yang mengarah ke rasa asam.

Tempat terbaik untuk menyimpan tomat yang tepat adalah di atas meja, agar tetap bisa fresh dan lezat ketika diolah.

3. Kentang

Kentang menjadi salah satu makanan yang cukup favorit dan banyak digunakan pada berbagai olahan. Akan tetapi, Anda tidak boleh membiarkannya untuk berada di dalam suhu dingin, karena bisa mengubah patinya menjadi gula.

Kentang akan tumbuh paling baik pada suhu sekitar 7 derajat celcius. Sementara kulkas biasanya disetel untuk suhu 2-3 derajat celcius, sehingga tidak cocok untuk menyimpannya.

4. Minyak Zaitun

Bagi Anda yang menggunakan minyak zaitun, perlu diperhatikan dengan cermat mengenai tempat penyimpanannya. Idealnya, jenis minyak ini akan cocok untuk diletakkan ditempat yang sejuk.

Minyak zaitun justru bisa rusak apabila disimpan di kulkas. Hal ini dikarenakan menyimpannya di lemari es bisa membuatnya menjadi berubah bentuk dan menjadi mirip mentega.

Baca juga : Tips Menyimpan Daging Kurban agar Lebih Awet

5. Madu

Madu menjadi salah satu makanan manis yang banyak dikonsumsi juga. Dalam penyimpanannya, makanan ini akan lebih baik untuk tidak dimasukan ke kulkas.

Adapun alasannya sendiri karena madu bisa membeku dan mengkristal dalam suhu dingin. Maka dari itu, suhu ruang biasa mungkin lebih ideal sebagai tempat penyimpanannya.

6. Mentimun

Makanan yang cepat rusak apabila disimpan di kulkas berikutnya adalah mentimun. Jenis makanan ini biasanya digunakan sebagai lalapan ataupun bahan pembuatan acar.

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa makanan ini tidak boleh disimpan di lemari es. Adapun kesalahan penyimpanan tersebut bisa membuatnya menjadi berair dan berlubang. Hal tersebut tentunya juga akan membuatnya tak bisa bertahan lama ketika terus disimpan.

7. Paprika

Berikutnya ada Paprika. Dengan teksturnya yang lembek, paprika juga tidak cocok untuk disimpan di kulkas.

Adapun alasannya sendiri karena suhu rendah atau dingin bisa membuat paprika kehilangan kerenyahannya ketika dikonsumsi.

8. Terong

Terong memang memiliki masa simpan yang relatif pendek di luar lemari es. Akan tetapi, apabila terlalu lama mendiamkannya di kulkas, hal tersebut juga bisa membuat rasanya berubah.

Maka dari itu, salah satu anjuran yang bisa digunakan adalah untuk segera mengkonsumsinya apabila telah dibeli.

9. Sambal Pedas

Biasanya, sambal pedas yang biasa dijual di toko memiliki kandungan cuka dan pengawet di dalamnya. Hal tersebut tentu ditujukan untuk menjaga masa penggunaannya alis lebih awet.

Namun, perlu diperhatikan bahwa sambal pedas ini tidak cocok untuk disimpan di kulkas. Akibat yang bisa muncul kemungkinan adalah sambal tersebut akan kehilangan sebagian rasa pedasnya.

10. Irisan Roti

Makanan yang cepat rusak jika disimpan di kulkas selanjutnya adalah irisan roti. Biasanya, kulkas atau lemari es ditujukan agar membuat irisan roti sisa tidak menjamur.

Namun, Anda harus tahu bahwa hal tersebut juga bisa membuat roti menjadi kering. Maka dari itu, solusi yang bisa dilakukan adalah dengan menyimpannya di freezer, kemudian letakkan di suhu kamar saat hendak mengkonsumsinya.

Demikian ulasan mengenai sejumlah makanan yang cepat rusak apabila disimpan di kulkas.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0582 seconds (0.1#10.140)