5 Cara Meringankan Migrain Tanpa Obat, Nomor 4 Konsumsinya Jangan Terlalu Banyak

Kamis, 12 Januari 2023 - 18:17 WIB
loading...
5 Cara Meringankan Migrain Tanpa Obat, Nomor 4 Konsumsinya Jangan Terlalu Banyak
Mengalami sakit kepala bisa dirasakan oleh siapapun, khususnya bagi mereka yang bekerja di tengah tekanan. Salah satu tipe sakit kepala yang kerap dikeluhkan yakni migrain. Foto/Ilustrasi/Express
A A A
JAKARTA - Mengalami sakit kepala bisa dirasakan oleh siapapun, khususnya bagi mereka yang bekerja di tengah tekanan. Salah satu tipe sakit kepala yang kerap dikeluhkan yakni migrain, rasa sakitnya dianggap berbeda dengan sakit kepala biasa.

Serangan migrain dikaitkan dengan beberapa gejala lain serta sakit kepala. Misalnya, mual dan muntah yang sangat umum terjadi.

"Orang juga dapat mengalami kepekaan ekstrim terhadap hal-hal seperti cahaya, suara, dan bahkan bau dapat memicu lebih banyak rasa sakit atau ketidaknyamanan," keterangan laman headecheaustralia.org yang dikutip, Kamis (12/01/2023).

Lantas bagaimana cara mengatasinya? Ini mungkin dipahami dengan minum obat, tapi ada cara lain yang bisa dilakukan tanpa obat, berikut rangkumannya.



1. Istirahat yang Cukup

Cara meringankan migrain tanpa obat yang pertama adalah istirahat. Ya, istirahatlah dan menjauhlah dari apa pun yang Anda lakukan jika memungkinkan.

2. Padamkan Lampu

Cahaya dan suara dapat memperparah nyeri migrain, sehingga bersantai di ruangan yang gelap dan sunyi bisa meredakannya.

3. Terapi Suhu

Oleskan kompres panas atau dingin ke kepala atau leher Anda. Paket es memiliki efek mati rasa, yang dapat menghilangkan rasa sakit, paket panas dan bantalan pemanas dapat mengendurkan otot yang tegang, atau mandi air hangat/berendam.

4. Cicipi Minuman Berkafein

Dalam jumlah kecil, kafein juga bisa meredakan nyeri migrain pada tahap awal. Kafein juga dapat meningkatkan efek pereda nyeri dari acetaminophen (Tylenol, lainnya) dan aspirin.

5. Rileks

Salah satu pilihan yang bisa membantu meringankan migrain adalah rileks. Seperti mendengarkan musik yang menenangkan, berendam di bak mandi air hangat, atau membaca buku favorit.

"Stres dan migrain sering berjalan seiring. Anda tidak dapat menghindari stres sehari-hari, tetapi bisa dikendalikan untuk membantu mengelola migrain Anda," keterangan dalam Mayoclinic.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2465 seconds (0.1#10.140)