PINTU Incubator Kirim 4 Brand Fashion Indonesia untuk Tampil di Paris Trade Show 2023

Kamis, 12 Januari 2023 - 19:54 WIB
loading...
PINTU Incubator Kirim 4 Brand Fashion Indonesia untuk Tampil di Paris Trade Show 2023
Program hasil kolaborasi dari JF3, LAKON Indonesia, dan Kedutaan Besar Prancis melalui Institut Francais d’Indonesie (IFI) PINTU Incubator telah melakukan kurasi tahap kedua untuk memilih brand fashion lokal Indonesia yang siap diberangkatkan untuk berpar
A A A
JAKARTA - Program hasil kolaborasi dari JF3, LAKON Indonesia, dan Kedutaan Besar Prancis melalui Institut Francais d’Indonesie (IFI) PINTU Incubator telah melakukan kurasi tahap kedua untuk memilih brand fashion lokal Indonesia yang siap diberangkatkan untuk berpartisipasi dalam Paris Trade Show - Premiere Classe, yang berlangsung di Paris, Prancis, tanggal 3-6 Maret 2023 mendatang.

Kegiatan ini dilakukan demi memajukan industri mode Tanah Air dan mendorong munculnya bakat-bakat baru di dunia fashion Indonesia, JF3, Lakon Indonesia, dan Kedutaan Besar Prancis melalui Institut Francais d’Indonesie (IFI), kembali menghadirkan program Pintu Incubator 2.0 atau seri kedua.

Thresia Mareta, Founder of LAKON Indonesia sekaligus inisiator PINTU Incubator mengungkapkan, Kurasi kali ini merupakan salah satu tahapan terpenting, menjadi milestone bagi PINTU Incubator, karena setelah melalui perjalanan panjang dengan melaksanakan berbagai program bimbingan, seperti kegiatan mentoring, baik dalam kelas maupun tatap muka One on One bersama para pakar dan professional baik dalam negeri maupun internasional,

“Kami akhirnya berhasil memilih partisipan yang akan mendapat kesempatan untuk menjajaki pasar global melalui Paris Trade Show, sebuah kegiatan eksklusif dan hanya dapat diikuti oleh brand yang memenuhi standar kualitas internasional dan memiliki konsistensi serta reliability.



Thresia menjelaskan bahwa pihaknya mendorong desainer muda ini untuk bereksplorasi supaya bisa mempelajari secara mandiri.

“Kita dorong desainer muda bertalenta ini agar bisa musti ngapain mereka sebagai brand, apa aja yang diperhatikan untuk di eksplore sampai dorong dia untuk melihat bayangkan dulu brand kamu pengennya ada apa di toko sama kalo di Jepang, Eropa, pasar kamu seperti apa yang diinginkan itu yang kami tanyakan dan kasih bimbingan sebelum mereka berangkat,” ungkapnya.

Alhasil dengan adanya Pintu Incubator ini, Thresia Mareta berharap partisipan bisa mengeksekusi segala pengetahuan yang diperoleh di PINTU Incubator ini ke dalam bisnis mereka, khususnya dalam menghadapi persaingan yang sangat ketat di pasar global untuk membuktikan bahwa brand lokal tanah air mampu bersaing dalam industri fashion berskala internasional.

Dari seluruh calon partisipan yang mendaftar, sebanyak 5 brand dari kategori Creative Founders telah berhasil lolos kurasi tahap pertama, yaitu Oemah Etnik, Parapohon, Apa Kabar, Talu, dan Amanda Hartanto Batik. Kelima brand tersebut mempersiapkan 12 looks koleksi Fall/Winter 2023. Sementara kategori Creative Minds terbagi dalam 2 tim, akan mempersiapkan project kolaborasi Indonesia-Prancis.

“Pintu ini ingin mengikuti tren fashion secara global tren isu global sekarang sustainability dan culture ini adalah dua faktor yang harus digarap para brand ini jadi itu kalo iya dilakukan memperbesar peluang mereka berhasil di pasar global jadi 4 brand dari 2 aparel baju dan 2 artisan seniman tenun paling siap koleksi pemilihan bahan dan komunikasi mereka,” harapnya

Sementara Soegianto Nagaria selaku chairman JF3 mengungkapkan rasa bangga atas telah terpilihnya partisipan PINTU Incubator untuk mengikuti Paris Trade Show.

“Selama penyelenggaraan JF3, sejak tahun 2004 hingga sekarang, kami tidak pernah luput untuk melibatkan dan mendukung pelaku UMKM lokal, kami tumbuh dan berkembang bersama," ungkapnya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2341 seconds (0.1#10.140)