Perkenalkan Batik Minang, Vielga Luncurkan Koleksi Perpaduan Bordir Koto Gadang

Sabtu, 14 Januari 2023 - 07:20 WIB
loading...
Perkenalkan Batik Minang, Vielga Luncurkan Koleksi Perpaduan Bordir Koto Gadang
Vielga dan Batik Minang yang berasal dari Minang Kabau meluncurkan koleksi baru berupa outer dan inner. Koleksi ini perpaduan dengan bordir koto gadang. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Vielga dan Batik Minang yang berasal dari Minang Kabau, Sumatera Barat meluncurkan koleksi baru berupa outer dan inner. Koleksi spesial ini merupakan perpaduan batik minang dengan bordir koto gadang.

Diluncurkannya koleksi ini merupakan salah satu cara Vielga dari Roemah Kebaya Vielga memperkenalkan kembali dan melestarikan batik minang yang sempat hilang. Batik ini tak kalah dari jenis lainnya.

Sebab, batik minang memiliki desain dan warna yang klasik. Di sisi lain, corak batiknya yang khas seolah mampu mengembalikan pada masa lalu yang damai.



Adapun beberapa corak yang dimiliki batik minang di antaranya adalah corak keluk paku, bunga manggis. Seluruh corak ini kemudian dipadukan dengan bordir manual yang terinspirasi dari khas Koto Gadang Bukittinggi.

Di mana bordir tersebut identik dengan desain bunga dan teknik bordir yang dipakai dikenal dengan nama suji caia, akan membuat tampilan desain semakin cantik, elegan, dan klasik.

Sementara desain dan potongan outer dari koleksi terbaru Vielga ini memberikan kesan semi formal dan bisa juga dipakai untuk acara formal.



Batik sendiri dari dahulu sudah menjadi bagian budaya busana orang Minang. Khususnya berupa ikat kepala, selendang yang dikenakan oleh para datuk atau ninimamak dan sarung selendang batik yang dikenalkan oleh bundo kandung.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2511 seconds (0.1#10.140)