Batuk Berdarah Bisa Jadi Gejala Kanker Paru, Ini Kata Spesialis Onkologi

Minggu, 15 Januari 2023 - 10:20 WIB
loading...
Batuk Berdarah Bisa Jadi Gejala Kanker Paru, Ini Kata Spesialis Onkologi
Dokter spesialis Onkologi di Parkway Cancer Centre, Dr. Wong Siew Wei bahwa batuk berdarah bisa menjadi awal tanda & gejala, seseorang menderita kanker paru. Foto/ilustrasi/The World Economic Forum
A A A
JAKARTA - Ketika seseorang mengalami batuk bisa jadi itu gejala dari penyakit yang menyerang pernafasan. Namun, ketika batuk sudah mengeluarkan darah (batuk berdarah) hal ini bisa menjadi alarm bagi siapapun.

Menurut dokter spesialis Onkologi di Parkway Cancer Centre, Dr. Wong Siew Wei bahwa batuk berdarah bisa menjadi awal tanda & gejala, seseorang menderita kanker paru. Berdasarkan pengalamannya, beberapa kasus setelah mengalami batuk, lalu melakukan check atau skrining ternyata masuk fase lanjut.

"Ada beberapa point yang perlu diperhatikan, salah satu gejala yang perlu diperhatikan yaitu batuk darah. Biasanya sudah masuk kanker paru. Bila tunggu gejala baru jumpa dokter, ataupun lakukan skrining, biasanya sudah fase lewat (masuk kanker)," jelas Dr Wong dalam Bincang-bincang terkait Kanker Paru di Jakarta, Sabtu (14/1/2023).

Maka dari itu, ia mendorong agar setiap orang memahami bagaimana gejala dan tanda kanker paru. Salah satu yang perlu diubah yaitu gaya hidup (lifestyle), merokok jadi salah penyebab kanker paru.



Mulai dari perokok berat, maupun perokok pasif merupakan faktor risiko terbesar untuk kanker paru-paru. Risiko kanker paru seumur hidup pada perokok berat adalah 30%.

"Point kedua, penyebab dari merokok memang not ideal (tidak baik), memang susah untuk diberhentikan, kalau kita tanya perokoknya tidak mendapat respon yang baik. Kita susah untuk menghentikan kebiasaan itu, karena memang salah satu kebiasaan yang bisa memicu kanker paru," kata Dr Wong menambahkan

Menurutnya, kanker paru-paru dini cenderung tidak menimbulkan gejala. Kadang-kadang, itu bisa diambil sebagai bayangan kecil di dada Xray karena alasan lain. Gejala kanker paru-paru bisa termasuk:

- Batuk terus-menerus
- Infeksi paru berulang
- Batuk darah
- Sakit dada
- Sesak napas
- Suara serak
- Penurunan berat badan yang tidak diinginkan
- Kehilangan selera makan
- Kelelahan
- Sakit tulang
- Pembengkakan kelenjar getah bening
- Sakit kepala, kebingungan, kelemahan fokal, perubahan visual

"Sebagian besar gejala di atas tidak spesifik untuk kanker paru-paru dan lebih sering dijelaskan oleh penyebab non-kanker. Terlepas dari itu, tetap penting bagi siapa pun dengan gejala ini untuk berkonsultasi dengan dokter lebih awal," imbuh Dr Wong.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2206 seconds (0.1#10.140)