Edukasi Masyarakat Seputar Kulit dan Kelamin, Dokter Spesialis Ini Luncurkan Buku

Minggu, 15 Januari 2023 - 11:01 WIB
loading...
Edukasi Masyarakat Seputar Kulit dan Kelamin, Dokter Spesialis Ini Luncurkan Buku
Dengan dituangkan dalam bentuk tulisan, masyarakat diharapkan bisa membaca, mengakses informasi yang tepat, tidak terbatas ruang dan waktu. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Banyak gaya hidup dan berbagai mitos di tengah masyarakat yang dibawa secara turun-temurun dan tidak sesuai dengan faktanya. Seringkali hal itu menimbulkan masalah atau gangguan.

Di sisi lain, ilmu kesehatan kulit dan kelamin sangat luas dan terus berkembang seiring berjalannya waktu. Sebagaimana di atas, mitos-mitos tentang kesehatan kulit dan kelamin juga terjadi di tengah masyarakat.

Guna menghindari itu semua, maka dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Tina Wardhani Wisesa, SpKK (K), FINSDV, FAADV, berinisiatif untuk membuat tulisan dalam bentuk buku.

Baca juga: Sakit di 5 Bagian Tubuh Ini Bisa Jadi Gejala Kolesterol Tinggi, Waspadai

Dengan dituangkan dalam bentuk tulisan, masyarakat diharapkan bisa membaca, mengakses informasi yang tepat, tidak terbatas ruang dan waktu, serta menjadi bekal untuk kehidupan sehari-hari.

Tergerak untuk mengedukasi masyarakat, dr. Tina, yang berpengalaman di bidangnya lebih dari 26 tahun, pun menulis dua buku berjudul Ibu Hamil & Menyusui Berhak Tampil Cantik dan Kulit Terawat Anak Sehat.

"Ini merupakan impian saya sejak lama, agar dapat membagikan ilmu, bukan saja yang bersifat medis, tetapi juga banyak faktor yang berperan di sekeliling kita yang dapat berpengaruh terhadap timbulnya masalah pada kulit dan kelamin," ungkap dr. Tina ketika merilis kedua bukunya di acara Book Launch & Talkshow Serial 'Solusi Sehat dan Cantik' yang berlangsung di kawasan SCBD, Jakarta, akhir pekan kemarin.

"Kemudian, bagaimana tata laksana sehari-hari dan edukasi yang tepat kepada masyarakat agar dapat mencegah terjadinya masalah atau gangguan pada kulit," lanjut dokter yang biasa berpraktik di Klinik Utama Sakti Medika Tebet ini.

Dokter Tina pun memaparkan bahwa dirinya menulis buku tersebut mulai 2020. Ketika pandemi melanda Indonesia, dr. Tina memiliki lebih banyak waktu untuk menulis, sehingga mulai mengumpulkan tinjauan pustaka, journal, textbook dan juga tulisan beliau sebelumnya.

Oleh karena ilmu kesehatan kulit dan kelamin sangat luas dan masalah yang timbul berbeda di tiap kelompok usia, dr. Tina berencana membuat buku serial yang terdiri dari 4 buah buku, yaitu buku untuk ibu hamil dan menyusui; bayi dan anak; remaja; serta dewasa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1730 seconds (0.1#10.140)