5 Cara Mencegah Kolesterol Tinggi Secara Alami

Selasa, 17 Januari 2023 - 10:02 WIB
loading...
5 Cara Mencegah Kolesterol Tinggi Secara Alami
5 cara mencegah kolesterol tinggi secara alami akan sangat baik diketahui untuk Anda yang tidak suka obat kimia. / Foto: ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Cara mencegah kolesterol tinggi secara alami sangat baik diketahui untuk Anda yang tidak suka obat kimia. Sesuatu yang alami dianggap lebih sehat meski cara kerjanya lebih lambat.

Kolesterol sejatinya tetap dibutuhkan tubuh, seperti untuk menjaga dinding sel tubuh tetap fleksibel dan beberapa hormon dibuat oleh kolesterol .

Tapi, ketika kadarnya berlebihan, kolesterol malah menjadi racun bagi tubuh. Kelebihan kolesterol memicu masalah serius, seperti serangan jantung hingga stroke.

Baca juga: 5 Cara Mencegah Kolesterol sejak Dini agar Tidak Tinggi, Anak Muda Wajib Tahu

Agar kolesterol dalam tubuh tidak berlebihan, ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan. Apa saja? Berikut informasinya seperti dikutip dari laman kesehatan Healthline.

1. Fokus pada Lemak Tak Jenuh Tunggal

Beberapa penelitian membuktikan bahwa diet mediterania yang berfokus pada lemak tak jenuh tunggal dapat membantu menurunkan kadar lemak jahat (LDL) dan meningkatkan kadar lemak baik (HDL).

Beberapa contoh pangan mengandung lemak tak jenuh tunggal, antara lain minyak zaitun, minyak canola, kacang almond, kacang mete, selai kacang, alpukat, dan buah zaitun.

2. Perbanyak Asupan Omega-3

Asam lemak Omega-3 adalah jenis lemak tak jenuh ganda yang menyehatkan jantung dan mampu menstabilkan kadar kolesterol secara alami.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1258 seconds (0.1#10.140)