Nikmatnya Casserole Kentang dengan Daging Kambing

Kamis, 15 September 2016 - 07:02 WIB
Nikmatnya Casserole Kentang dengan Daging Kambing
Nikmatnya Casserole Kentang dengan Daging Kambing
A A A
JAKARTA - Bagi Anda yang masih memiliki stok daging kambing dan bosan dengan olahan menu yang itu-itu saja, seperti semur, gulai, sate, atau rendang, kini tak perlu khawatir. Masih banyak menu yang dapat disajikan dari olahan daging kambing ini.

Seperti resep dari Delicious.com.au ini, misalnya. Perpaduan daging kambing dengan kentang akan membuat lidah Anda merasakan sensasi yang berbeda. Casserole Kentang dengan Daging Kambing ini terasa begitu nikmat dengan olahan dipanggang menggunakan saus yang light namun tetap creamy. Penasaran seperti apa cara membuatnya? Yuk, intip resepnya berikut ini.

Bahan-bahan:

50 gram mentega (tambahan ekstra untuk olesan)
2 batang daun bawang, bagian putih saja, cincang halus
1 bh bawang bombay, cincang halus
1 sdm minyak zaitun
1 kg daging kambing, bagian kaki atau bahu, potong dadu
2 siung bawang putih, memarkan
800 gram kentang, kupas, iris tipis
300 ml kaldu ayam, sapi, atau kambing
1 sdt daun thyme segar yang telah dicincang
100 ml krim kental
3 sdm daun peterseli cincang

Cara membuat:
Panaskan oven 170 ° C. Siapkan wadah khusus untuk casserole tahan panas. Tempatkan setengah mentega dalam wajan besar di atas api kecil, tumis daun bawang dan bawang bombay selama 5 menit atau sampai layu. Tuangkan ke atas piring, sisihkan.

Tambahkan minyak ke dalam wajan, besarkan api. Ketika minyak panas, tambahkan daging kambing, tumis hingga kecoklatan, kemudian tuang ke piring terpisah.

Tambahkan bawang putih ke dalam wajan, bumbui dengan garam dan merica dan masak selama 1 menit, kemudian masukkan kembali daging kambing, aduk hingga rata.

Susun setengah bagian kentang di dasar wadah casserole. Tambahkan daging di atasnya, diikuti dengan campuran daun bawang. Gunakan belakang sendok untuk meratakan isi casserole. Selanjutnya, tuang air kaldu dan taburi dengan thyme.

Tutup wadah cassrole dengan aluminium foil dan panggang dalam oven selama 2 jam. Keluarkan sebentar, tambahkan krim di atasnya, kemudian panggang kembali dalam oven selama 30 menit atau sampai kentang berwarna cokelat keemasan. Sajikan hangat dengan taburan peterseli.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6738 seconds (0.1#10.140)