Curug Panganten, Surga Tersembunyi yang Belum Terkelola di Ciamis

Senin, 26 Desember 2016 - 01:30 WIB
Curug Panganten, Surga Tersembunyi yang Belum Terkelola di Ciamis
Curug Panganten, Surga Tersembunyi yang Belum Terkelola di Ciamis
A A A
CIAMIS - Setelah menemukan pantai yang menjadi obyek wisata andalan, kini ditemukan tempat-tempat di Kabupaten Ciamis yang memiliki potensi destinasi wisata alam oleh masyarakat. Namun tempat-tempat tersebut letaknya masih tersembunyi dan belum dikelola dengan baik.

Salah satunya sebuah air terjun atau Curug Panganten yang terletak di Dusun Mekarsari, Desa Cikupa, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis. Tidak kalah dengan curug yang lain, Curug Panganten ini memiliki keindahan tersendiri.

Dari ketinggian sekitar 5 meter, air turun dari tebing bebatuan yang bersumber dari mata air asli hutan. Tumbuhan dan pepohonan di sekitar curug masih terlihat perawan dan hijau. Di bawah curug terdapat kubangan yang cukup besar bila digunakan untuk berendam atau berenang.

Nama Curug Panganten diambil dari cerita masyarakat yang berkembang. Konon, di curug tersebut ada sepasang kekasih yang meninggal ditempat itu karena secara bersamaan bunuh diri lantaran tidak direstui oleh orang tuanya saat meminta untuk dinikahkan. Namun itu hanya cerita masyarakat, yang lebih nyata menurut masyarakat disebut curug panganten karena disana terdapat dua buah curug namun ukurannya berbeda tetapi saling berdekatan.

Istimewanya, berjarak beberapa ratus meter dari curug panganten terdapat Kolam Pemandian Air Panas Geger Bentang. Tempat ini juga bisa menjadi tempat wisata secara bersamaan. Sehingga wisatawan disuguhkan dengan dua pilihan wisata bisa berendam di segarnya air terjun atau berendam di hangatnya Kolam Air Panas Geger Bentang.

Sayangnya, lokasi yang sangat memiliki potensi wisata ini belum dikelola secara profesional oleh Pemerintah Kabupaten Ciamis. Tempat ini masih dikelola oleh masyarakat dan pemerintah desa setempat. Padahal bila tempat tersebut ditata secara baik tidak menutup kemungkinan curug tersebut bisa menjadi tempat wisata alam andalan dari Kabupaten Ciamis.

Kepala Desa Cikupa Endi Supendi menuturkan baik Curug Panganten ataupun Pemandian Air Panas Geger Bentang bila dikelola dengan baik bisa menjadi destinasi wisata andalan. Sehingga bisa membantu meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Menurut Endi, Curug Panganten memang belum dilakukan penataan secara serius. Namun, ke depan akan dilakukan penataan baik untuk sarana penunjangnya seperti kamar mandi umum untuk ganti baju dan sarana yang lainnya.

Sementara, pemandian air panas itu sebenarnya pertama kali dibuka saat Bupati Engkon Komara menjabat namun sekarang tidak ada perhatian lagi dari Pemerintah Kabupaten Ciamis. Saat ini kedua tempat ini tidak ada artinya karena kurang perhatian pemerintah daerah.

“Pengelolaannya dilakukan oleh desa sehingga kondisinya masih cukup jauh sesuai dengan yang diinginkan. Bila pemerintah daerah kabupaten langsung turun tentu bisa lebih baik lagi,” katanya.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3963 seconds (0.1#10.140)