239 Ribu Anak Dibawah 10 Tahun Jadi Perokok Aktif

Rabu, 22 April 2015 - 07:42 WIB
239 Ribu Anak Dibawah 10 Tahun Jadi Perokok Aktif
239 Ribu Anak Dibawah 10 Tahun Jadi Perokok Aktif
A A A
JAKARTA - Indonesia menempati urutan ketiga, negara perokok terbanyak di dunia. Bahkan, jumlah perokok remaja di Indonesia termasuk yang terbesar di Asia. Berdasarkan data Komnas Anak, sebanyak 239 ribu anak berusia dibawah 10 tahun sudah menjadi perokok aktif.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima Sindonews dari Komnas Pengendalian Tembakau (Komnas PT), eksploitasi industri rokok dan produk tembakau kian merajalela pada generasi muda. Hal ini menempatkan Indonesia sebagai negara baby smoker. Parahnya, anak muda telah menjadi target perokok pengganti di masa depan.

Secara tidak sadar, berbagai jenis iklan rokok dengan tema petualangan, gaya hidup, keberanian, keberhasilan hidup, indahnya musik, persahabatan, tidak berpura-pura, pantang mundur dan keceriaan berhasil menarik perhatian anak muda.

Melihat hal ini, Komnas Pengendalian Tembakau (Komnas PT) mendukung langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah yang sudah berupaya melindungi anak dari target iklan rokok.

Seluruh negara ASEAN, kecuali Indonesia, telah memberlakukan pelarangan menyeluruh terhadap segala bentuk promosi, sponsor dan iklan rokok. Sebagai negara produsen rokok terbesar di dunia, Cina menerbitkan peraturan yang melarang iklan rokok hampir di semua media.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4933 seconds (0.1#10.140)