7 Makanan yang Harus Dihindari saat Minum Obat, Bisa Picu Hipertensi

Sabtu, 27 April 2024 - 07:00 WIB
loading...
7 Makanan yang Harus Dihindari saat Minum Obat, Bisa Picu Hipertensi
Beberapa makanan harus dihindari saat minum obat. Interaksi ini berarti nutrisi atau senyawa tertentu dalam makanan mengubah cara tubuh memetabolisme obat. Foto/Food Revolution Network
A A A
JAKARTA - Beberapa makanan harus dihindari saat minum obat karena interaksinya bisa menyebabkan masalah kesehatan serius. Interaksi ini berarti nutrisi atau senyawa tertentu dalam makanan mengubah cara tubuh Anda memetabolisme obat.

Menurut Johns Hopkins Medicine, interaksi makanan dan obat ini dapat meningkatkan atau mengurangi dosis yang diterima tubuh Anda. Dampaknya, peningkatan risiko efek samping, yang banyak di antaranya berbahaya, atau obat tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Sebelum memberikan obat, tanyakan kepada apoteker Anda tentang interaksi makanan apa pun, termasuk dengan alkohol. Selain itu, penting untuk melakukan penyesuaian apa pun yang mungkin harus Anda lakukan pada pola makan.

Makanan yang Harus Dihindari saat Minum Obat



Berikut makanan yang harus dihindari saat minum obat dilansir dari Everyday Health, Sabtu (27/4/2024).



1. Asetaminofen + Alkohol


Jika Anda mengonsumsi asetaminofen (Tylenol) setelah minum alkohol untuk mencegah mabuk, Anda mungkin berada dalam bahaya. “Jika dikombinasikan dengan alkohol, Anda berisiko lebih tinggi terkena toksisitas hati,” kata CEO Honeybee Health Jessica Nouhavandi, PharmD.

Risiko ini paling tinggi jika Anda adalah peminum rutin dan menggunakan asetaminofen setiap hari. Hindari kombinasi ini terutama jika Anda minum lebih dari tiga minuman beralkohol sehari.

2. Beberapa Antibiotik + Produk Susu


Nouhavandi menjelaskan antibiotik tertentu tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan susu, yogurt, atau keju. “Produk susu mengikat obat dan mengganggu penyerapannya dalam aliran darah,” jelasnya.

Ini berlaku untuk fluoroquinolones seperti ciprofloxacin (Cipro), levofloxacin (Levaquin), moxifloxacin (Avelox) , dan tetrasiklin tertentu. Hindari makan semangkuk yogurt atau es krim setidaknya dua jam sebelum dan enam jam setelah minum antibiotik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1528 seconds (0.1#10.140)