Camilan Sehat untuk si Kecil

Senin, 18 Mei 2015 - 09:01 WIB
Camilan Sehat untuk si Kecil
Camilan Sehat untuk si Kecil
A A A
Si kecil gampang-gampang susah makan, maka itu sebagai ibu sebaiknya kreatif dalam memberikan makanan kepada buah hati.

Resep sup ayam dan umm ali berikut dapat Anda coba. Di samping kaya nutrisi, rasanya juga lezat menggunakan susu evaporasi.

Menjadi seorang ibu sekaligus celebrity chef , menjadikan kelebihan tersendiri bagi Farah Quinn. Pasalnya, dia dapat menyajikan berbagai makanan bergizi yang menarik kepada sang buah hati Armand Fauzan Quinn.

Pekan lalu ketika berkunjung ke Surabaya dalam rangka Kampanye Sehat Nestle Indonesia, wanita kelahiran 8 April yang berusia 35 tahun ini berbagai resep kesukaan sang putra semata wayang. Farah membuat sup krim ayam cincang dengan roti crouton dan umm ali . Keduanya dapat dijadikan sebagai makanan selingan penuh gizi untuk anak. Sup ayam menjadi salah satu makanan kesukaan Armand.

Untuk resep satu ini bahan-bahannya mudah didapat dan cara memasaknya pun tak kalah gampang. Mula-mula panaskan margarin dalam wajan atau bisa juga mentega sebanyak satu sampai satu setengah sendok makan. Lalu masukkan bawang bombai cincang. Kemudian masukkan bawang putih dan wortel. Berikutnya, tambahkan tepung terigu sambil terus diaduk serta tuangkan susu evaporasi dan air.

Setelah mendidih, barulah tambahkan jamur kaleng, daging ayam cincang, bakso, serta garam secukupnya. ”Silakan ibu berkreasi sendiri, mau ditambah jagung juga boleh,” ingat Farah. Dalam demo masak yang dibawakan koki yang hobi olahraga ini, dia menggunakan susu evaporasi sekalian menjelaskan perbedaannya dengan susu kental manis. Susu evaporasi rasanya gurih dengan kandungan lemak dan gulanya rendah.

Susu jenis ini sebagian cairannya diuapkan sehingga konsistensi susunya menjadi lebih kental, lebih pekat rasa susunya, dan warnanya pun krem, bukan putih. Bahkan Farah mengatakan, susu evaporasi dapat dipakai sebagai pengganti santan untuk membuat rendang sekalipun. ”Misalnya di resep ditulis 1 liter santan, bisa pakai 1-2 kaleng susu evaporasi, bergantung kekentalan yang diinginkan. Jika ingin kental, kurangi air dan sebaliknya,” beber Farah di mal Royal Plaza, Minggu (10/5).

Terakhir, tambahkan roti crouton di atas sup sehingga ada tekstur garing di balik creamy soup . Crouton atau potongan roti tawar yang dipanggang hingga garing dan renyah, selain untuk taburan sup krim biasanya juga untuk salad. Resep berikut adalah umm ali yang merupakan dessert ala Timur Tengah. Namun, Farah memodifikasinya menjadi lebih praktis dengan bahan yang juga sederhana, juga lebih encer karena tidak menggunakan telur.

Resep tradisional memiliki tampilan mirip puff pastry yang berlapis-lapis. Farah justru menggunakan roti croissant yang lebih mudah. Alternatif lain menggunakan roti gandum. Langkah pertama, roti croissant dibelah menjadi tiga sampai empat lapis. Tips, untuk membelah roti gunakan pisau bergerigi untuk mempertahankan tekstur roti. Kemudian roti tersebut diolesi margarin selanjutnya dipanggang. Setelah matang potong dadu dan sisihkan.

Pada panci, masukkan setengah kaleng susu evaporasi dan susu kental manis kemudian beri sedikit air dan diaduk hingga merata dengan api sedang sampai matang. Tambahkan essens vanila, sambil terus diaduk. Kemudian masukkan kismis, kacang almond, dan kelapa parut atau Anda bisa berkreasi dengan menambahkan meses misalnya. Resep asli umm ali menggunakan kacang pistachio .

Terakhir, tata croissant yang sudah dibentuk dadu dalam piring lalu tuang dengan cairan susu dan kacang dalam panci yang sudah dimasak tadi. Sengaja cairan susu dituang masih dalam keadaan panas agar rotinya menyerap susu tersebut.

Finishing touch , taburkan bubuk kayu manis sehingga ada aroma harum yang bisa membangkitkan selera. Mudah bukan membuat dua resep tersebut? Ada berbagai manfaat nutrisi yang bisa didapat si kecil lewat penganan tersebut.

Sri noviarni
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7608 seconds (0.1#10.140)
pixels