Tempat Wisata Seru di Melaka

Jum'at, 22 Mei 2015 - 09:20 WIB
Tempat Wisata Seru di Melaka
Tempat Wisata Seru di Melaka
A A A
ST PETERS CHURCH

Gereja ini dibangun pada 1710 saat pemerintahan Belanda dan merupakan gereja Katolik tertua yang masih berfungsi di Malaysia.

STADTHUYS-RED SQUARE

Berlokasi di tengah kota, sangat mudah dilihat karena kompleks bangunan tersebut berwarna merah dan dikenal dengan nama Red Square. Awalnya merupakan sebuah tempat pemerintahan Gubernur Belanda, lalu sempat dijadikan sekolah, dan kini menjadi Museum Sejarah dan Etnografi, Galeri Laksamana Cheng Ho, Museum Sastera, Museum Pemerintahan Demokrasi, dan Museum Yang Di-Pertua Negeri. Diperkirakan ini adalah bangunan Belanda tertua se-Asia Tenggara yang masih digunakan.

CHRIST CHURCH

Lokasinya di sebelah kompleks Stadthuys. Dibangun sejak 1741 dan selesai pada 1753, ini merupakan gereja Protestan tertua di Malaysia yang masih digunakan sampai sekarang. Di depan Christ Church terdapat pangkalan becak yang dihiasi pernak-pernik dan biasanya memiliki sound system sehingga turis dapat menyewa untuk berkeliling sambil diiringi musik.

QUEEN VICTORIA FOUNTAIN

Di depan Christ Church terdapat air mancur Queen Victoria yang dibangun pada 1904 oleh pemerintah Inggris dan menjadi sebuah landmark di Melaka serta masih berfungsi sampai sekarang.

ST PAULS CHURCH

Gereja ini berada di atas bukit St Paul dan didirikan pada 1521. Awalnya ini merupakan bangunan gereja dengan bentuk sederhana yang kemudian beberapa kali diperluas. Bangunan ini hancur saat peperangan, hingga menyisakan kerangka bangunan saja. Di dalam bekas bangunan gedung gereja ini terdapat beberapa nisan dan bekas makam St Francis Xavier, seorang yang merintis berdirinya sekolah di tempat ini. Bahkan, untuk mengenang jasanya, didirikan patung monumen di depan bangunan gereja.

A FAMOSA

Adalah benteng yang dibangun saat pendudukan Portugis, terletak di kaki St Pauls Hill. Bangunan ini hancur saat peperangan, tapi masih dapat dilihat bentuk pintu masuknya. Pintu Gerbang Santiago ini adalah salah satu dari empat pintu masuk ke A Famosa. Mulai dibangun pada 1512 di bawah pimpinan Alfonso de Albuquerque.

MELAKA SULTANATE PALACE (CULTURAL MUSEUM)

Di kaki bukit St Paul (di samping Gerbang Santiago), terdapat replika istana Sultan Malaka yang terbuat dari kayu. Sekarang dijadikan Museum Kultural.

SUNGAI MELAKA

Di sepanjang Sungai Melaka dapat kita jumpai beberapa tourist spot, seperti Kincir Air Kesultanan Melaka, beberapa sisa benteng dengan meriamnya, serta Pusat Informasi Turis.

MENARA TAMING SARI

Ini adalah sebuah menara setinggi 80 meter yang terletak di Jalan Merdeka, Banda Hilir, dengan panorama 360 derajat. Selama tujuh menit kita bisa melihat keindahan Melaka dari atas menara ini.

Rendra hanggara
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3876 seconds (0.1#10.140)