Lezatnya Kaki Sapi yang Bermanfaat untuk Kesehatan

Jum'at, 22 Mei 2015 - 13:19 WIB
Lezatnya Kaki Sapi yang Bermanfaat untuk Kesehatan
Lezatnya Kaki Sapi yang Bermanfaat untuk Kesehatan
A A A
JOMBANG - Makan daging sapi mungkin sudah biasa, tapi pernahkan Anda mencoba mencicipi kaki sapi?

Meskipun kelihatannya hanya berupa tulang-tulang saja, namun di dalam kaki sapi ternyata banyak terdapat kikil yang empuk dan sangat nikmat. Bahkan, sumsum di dalam tulang kaki sapi juga dipercaya sangat bermanfaat bagi Anda yang menjalani penyembuhan akibat patah tulang.

Kaki sapi ini merupakan menu unggulan yang ada di warung Ibu Sokhib, yang berada di desa Pandanwangi, Kecamatan Kota Jombang, Jawa Timur.

Meskipun letaknya cukup terpencil, namun karena di Jombang sudah terkenal, warung ini tak pernah sepi dari pelanggan.

Setiap hari, selalu ada saja orang yang datang dari berbagai kalangan, demi menikmati sensasi kuliner kikil kaki sapi.

Untuk membuat kaki sapi menjadi masakan yang lezat dan digemari banyak orang ternyata tidak mudah. Dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan tersendiri.

Kaki-kaki sapi ini harus dibakar terlebih dahulu selama hampir satu jam. Setelah dibersihkan, potong kaki sapi tersebut sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

Setelah dipotong, maka kita bisa tahu bahwa di dalam tulang sapi ini ternyata banyak kandungan otot dan kikil yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Setelah itu, masak potongan kaki sapi ini selama kurang lebih 5 jam bersama dengan bumbu-bumbu yang sudah disiapkan. Setelah matang, kikil kaki sapi inipun siap disajikan.

"Kikil kaki sapi di warung Bu Sokhib ini memang istimewa, karena selain rasanya yang sangat lezat, kikilnya juga dijamin asli, bukan campuran dengan kulit sapi," ujar pembeli asal Palembang Deni tegar.

Tak hanya itu saja, berdasarkan literatur yang ada, kikil dan sumsum di dalam tulang kaki sapi juga sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Diantaranya adalah mengandung bahan baku pembuatan sel-sel darah yang sehat, mengandung berbagai nutrisi untuk membantu perkembangan sendi, tulang, ligamen, tendon, serta rambut dan kulit yang sehat.

Untuk harga untuk satu porsi kikil kaki sapi juga sangat terjangkau, hanya Rp30.000 saja. Bagaimana Anda tertarik?
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4862 seconds (0.1#10.140)