Variasi Kebaya Modern

Senin, 25 Mei 2015 - 08:28 WIB
Variasi Kebaya Modern
Variasi Kebaya Modern
A A A
KEBAYA tidak hanya digemari wanita dewasa. Para wanita muda pun mulai menggemari tampilan kebaya yang sudah semakin bervariasi.

Salah satu jenis yang digemari adalah encim. Model satu ini paling banyak dicari anak muda. “Kalau anak muda, kebanyakan mereka mencari kebaya encim yang dipakai buat wisuda. Namun, semuanya tergantung selera.

Kalau untuk saat ini lagi banyak pesanan warna-warna soft sama pastel,” kata Titi, penjahit di Toko Hadi Collection, Pasar Sunan Giri, Jakarta. Kebaya encim banyak dipadukan dengan berbagai kain. Salah satu yang favorit adalah kain batik. Beberapa ada yang suka memadukannya dengan kain songket. Desain dan corak kebaya yang semakin beragam dan trendi inilah yang membuat anak muda lebih sering mengenakannya dalam berbagai kesempatan.

Tidak hanya acara pernikahan atau acara resmi seperti wisuda. Bahkan, kebaya sekarang ini cocok untuk acara cocktail . Ferry Sunarto, desainer yang selalu menggunakan inspirasi kebaya dalam rancangannya mengaku, kebaya kini sudah berkembang dengan baik. Dia juga andil dalam perkembangan fungsi kebaya dengan koleksi-koleksi rancangannya.

“Saya sendiri membuat koleksi kebaya, di antaranya ready to wear deluxe , jadi lebih high daripada ready to wear biasa sehingga bisa dipakai untuk acara cocktail ,” bebernya. Rancangan kebaya yang dibuatnya lebih modern agar lebih banyak diminati, seperti kerah kebaya, lengan kebaya, atau bukaan kebaya. Ferry mengambil contoh rancangan kerah kebaya. Dia mengaku untuk desainnya bisa macam-macam, ada kutu baru, kebaya sunda, dan sebagainya.

Desainkebaya yangmenarikdan semakinseringdigunakanbanyakorang inimembuatkebaya dikenalluas, termasuk dunia internasional. Adji Notonegoro mengaku pesona kebaya Indonesia dinilai begitu mengagumkan. Dia bangga dengan adanya kebaya yangmenjadikhasIndonesia.

“Saya sudah memperagakan berbagai macam modelbusanakebaya keberbaga ibelahan dunia dan mereka menyambutnya sangat luar biasa dan kagum dengan tampilan kebaya khasIndonesia,” tuturAdji. Namun, dia berpesan agar kebaya yang sudah semakin memasyarakat ini tidak menghilangkan unsur daerahnya yang kental dengan kesederhanaan.Bahkan, dengan ciri khas yang dimiliki kebaya itu sendiri, membuat kebaya dinilai menjadi karakter Indonesia yang sesungguhnya di mata dunia.

“Sebenarnya gampang bila kita ingin memperkenalkan kebaya di mata internasional, hanya dengan tidak menghilangkan unsur kesederhanaan kebaya itu sendiri dan kita harus jeli bahwa orang luar itu seleranya seperti apa, karena kebanyakan dari mereka lebih menyukai sesuatu yang simpel dan klasik,” tuturnya.

okezone
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6430 seconds (0.1#10.140)
pixels