Caffee Florian, Kedai Kopi Tertua di Dunia

Selasa, 26 Mei 2015 - 12:28 WIB
Caffee Florian, Kedai Kopi Tertua di Dunia
Caffee Florian, Kedai Kopi Tertua di Dunia
A A A
VENESIA - Setelah sebelumnya kedai kopi tertua di dunia dipegang oleh Kiva Han yang dibuka tahun 1555 di Konstatinopel, kini sejarah mencatat kedai kopi tertua yang masih buka hingga saat ini ada di Venesia. Kedai kopi tersebut dikabarkan telah dibuka sejak 29 Desember 1720.

Ia, kedai kopi tersebut adalah Caffe Florian. Dilansir dari situs resmi Caffee Florian, kedai kopi ini terletak dekat St Mark's Square.

Caffe Florian dibuka oleh warga Italia yang bernama Floriano Francesconi. Awalnya, kedai kopi ini bernama Venezia Trionfante, namun kedai ini lebih dikenal sebagai Florian's karena nama si pemilik.

Di Italina terutama di Venesia, kopi mulai dijual pada abad ke-15. Menariknya, sampai saat ini Caffee Florian masih membuat kopi dengan proses pembuatan yang sama seperti ratusan tahun silam.

Di setiap sudut ruangan kedai kopi ini bergaya klasik dan sangat mewah. Kedai kopi ini juga memiliki satu ruangan yang bernama Sala degli Uomini Illustri yang penuh lukisan seniman kenamaan Venesia: Goldoni, Marco Polo, Titian, Francesco Morosini, Pietro Orseolo, Andrea Palladio, Benedetto Marcello, Paolo Sarpi, Vettor Pisani, dan Enrico Dandolo.

Tidak hanya berfungsi sebagai kafe, Caffee Florina juga kerap digunakan untuk beragam acara. Beberapa tokoh ternama seperti Charlie Chaplin, Ernest Hemingway, Andy Warhol, Coco Rocha, hingga Miranda Kerr dikabarkan menyukai kedai kopi ini.

Caffe Florian kini sudah berkembang dan memiliki beberapa cabang di luar Venesia seperti di Via del Parione (Florence), Marina Mall (Abu Dhabi), Harrods (London), dan Gate Village (Dubai). Namun kedai tertua tetap berada di kota Venesia.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4254 seconds (0.1#10.140)