Pujasera Baru di Kawasan Monas

Rabu, 27 Mei 2015 - 09:29 WIB
Pujasera Baru di Kawasan Monas
Pujasera Baru di Kawasan Monas
A A A
Bertempat di kawasan IRTI Monas, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama meresmikan lokasi pedagang kaki lima (PKL) Lenggang Jakarta, Jumat (22/5). Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Gubernur didampingi Direktur Utama Rekso Group Sukowati Sosrodjojo serta Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Provinsi DKI Jakarta Joko Kundaryo.

Keberadaan pujasera ini merupakan wujud Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam memberdayakan dan menata PKL yang selama ini cenderung kurang memperhatikan masalah ketertiban umum, kebersihan, dan estetika lingkungan, higienitas makanan dan minuman, pelayanan, dan lainnya.

Sebagai langkah awal, program ini dimulai dengan memberdayakan dan menata PKL yang selama ini berdagang di IRTI Monas. Lenggang Jakarta Food & Culture Park diharapkan dapat menjadi proyek percontohan yang dapat dikembangkan di lokasi lain, baik di Jakarta maupun wilayah lain di Indonesia.

Sementara itu, melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Dunia Usaha, Rekso Group menyediakan sarana dan prasaran bagi Lenggang Jakarta. Termasuk memberikan pelatihan dan pendampingan kepada PKL.

Nantinya, para PKL ini diharapkan dapat berkembang menjadi pengusaha sendiri dan Lenggang Jakarta menjadi tujuan kuliner serta pentas budaya warga Jakarta. Dalam melakukan pelatihan para PKL ini, Rekso Group menggandeng Chef Ragil. Pelatihan terdiri atas pelatihan sikap mental, keahlian dalam pelayanan, kebersihan dan higienitas, administrasi keuangan, dan sebagainya.

Terdapat 52 jenis variasi menu makanan dan minuman, antara lain soto betawi, nasi uduk, gadogado, garang asem, ayam betutu, brongkos daging, rawon, empal gentong, kerak telor, kue pancong, tahu gejrot, kopi tubruk, teh poci, dan aneka snack olahan UMKM seperti rujak, es cendol, es kelapa, dan lainnya.

Seluruh transaksi penjualan di Lenggang Jakarta menggunakan sistem kartu (nontunai). Setiap pengunjung dapat membeli kartu transaksi dengan minimal saldo Rp25.000. Setelah selesai transaksi, kartu dapat dikembalikan dan seluruh saldo yang tersisa di dalam kartu dapat ditarik kembali.

Fasilitas yang tersedia, yaitu toilet, musala, arena bermain anak, panggung terbuka, plaza, rumah Betawi, ATM, TV program, CCTV, free Wi-Fi, P3K, serta ruang ibu menyusui. Lenggang Jakarta akan beroperasi setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 22.00 dan hingga pukul 24.00 pada akhir pekan.

Sri noviarn
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6104 seconds (0.1#10.140)