Quinoa, Biji-bijian Sehat

Minggu, 31 Mei 2015 - 11:12 WIB
Quinoa, Biji-bijian Sehat
Quinoa, Biji-bijian Sehat
A A A
Buat yang lagi diet atau mengganti nasi sama karbohidrat yang lain, pasti sudah tidak asing dengan quinoa . Bahan pangan satu ini sekarang sedang ngetren di kalangan anak muda dan yang lagi diet.

Lalu, quinoa itu apa sih? Quinoa (kinoa) merupakan serealia semu yang menjadi makanan pokok bagi masyarakat Indian di Pegunungan Andes, Amerika selatan. Kinoa disebut serealia semu karena bijinya bukan dihasilkan dari tumbuhan suku padi-padian. Daunnya dapat dimakan pula, sebagaimana bayam biji.

Biji kinoa sangat ideal sebagai sumber gizi karena mengandung karbohidrat dan protein asam amino esensial yang lebih tinggi, juga sejumlah kalsium, fosfor, dan besi. Tiga negara saat ini menjadi produsen utama kinoa, yakni Peru, Ekuador, dan Bolivia. Biji kinoa juga semakin populer sebagai sumber karbohidrat alternatif dari budi daya organik.

Kinoa diperkirakan pertama kali ditanam sekitar 3.000 hingga 4.000 tahun silam. Namun, pemanfaatan kerabat liar kinoa oleh kaum penggembala telah berlangsung sejak 5.200 hingga 7.000 tahun lalu. Tumbuhan ini populer lebih awal di Amerika Utara sebelum tanaman jagung. Kinoa merupakan tumbuhan dikotedon yang dapat mencapai tinggi 1 hingga 2 meter.

Daunnya lebar dan batangnya berkayu, bercabang ataupun tidak tergantung varietas. Warna batangnya dapat berwarna hijau, merah, atau ungu. Tandan bunganya tumbuh di ujung atas batang atau di ketiak batang. Bunganya memiliki mahkota bunga sederhana, berkelamin ganda, dan membuahi sendiri.

Buah yang membungkus biji memiliki diameter 2 mm dan memiliki warna putih, merah, atau hitam tergantung varietasnya. Di alam, biji kinoa mengandung saponin yang memiliki rasa pahit. Rasa pahit ini menjadikan biji kinoa tahan terhadap hama burung sehingga tidak membutuhkan perlindungan khusus. Upaya untuk mengembangkan varietas yang memiliki kadar saponin rendah tidak mudah dilakukan.

Tingkat toksisitas dari saponin kinoa hanya mampu menyebabkan iritasi pada mata, saluran pernapasan, dan saluran pencernaan yang ringan. Di Amerika Selatan, saponin dari kinoa dimanfaatkan untuk deterjen dan antiseptik untuk luka di kulit. Kadar asam oksalat yang tinggi ditemukan di daun dan batang semua spesies dari genus Chenopodium, sama halnya seperti daun pada tumbuhan famili Polygonaceae dan Amaranthaceae sehingga tidak disarankan untuk memakan daunnya terlalu sering.

Kinoa merupakan sumber pangan penting di peradaban Andes sebelum kolonialisasi. Kinoa juga disebut dengan makanan super dengan kadar protein yang tinggi (14% per basis massa) meski tidak sebanyak kacang-kacangan dan legum . Kadar proteinnya lebih tinggi dibandingkan kentang, barley , dan millet , namun lebih rendah dari oat . Jenis-jenis protein yang terkandung dapat dikategorikan sebagai protein lengkap.

Kinoa juga merupakan sumber serat pangan, kalsium, dan fosfor serta tinggi magnesium dan zat besi. Kinoa tidak mengandung gluten sehingga mudah dicerna. Karakteristik inilah yang menjadikan NASA mempertimbangkan tanaman ini untuk ditanam pada penerbangan antariksa berawak jangka panjang. Jadi, apa yang ada dalam quinoa yang menjadikannya makanan kesehatan populer, dan mengapa ia merupakan tambahan yang bagus untuk diet apa pun?

Kaya protein

Biji quinoa merah dan putih mentah kaya protein. Berisi setidaknya sembilan asam amino esensial sehingga menjadikannya salah satu makanan paling kaya protein yang dapat kita konsumsi. Ahli gizi menyatakan bahwa protein yang ditemukan dalam quinoa hampir sama dengan yang ditemukan dalam susu, tetapi memiliki lebih banyak protein dari beras sebesar 7,5%, millet 9,9%, dan gandum 14%.

Lebih banyak serat daripada biji lainnya

Quinoa memiliki setidaknya dua kali serat yang ditemukan dalam biji-bijian lainnya. Serat adalah bagian yang sangat penting dari diet apa pun karena membantu pencernaan, menurunkan kemungkinan sembelit, mencegah penyakit jantung, diabetes meningkatkan dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Serat juga bertanggung jawab dalam mengatur kadar glukosa dan kolesterol sehingga memungkinkan Anda menghindari penyakit seperti wasir dan obesitas. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, quinoa adalah pilihan baik sebagai sumber serat karena membantu pencernaan Anda dan membuat Anda merasa kenyang untuk waktu yang lama.

Mempromosikan pertumbuhan jaringan

Quinoa mengandung lisin yang bertanggung jawab untuk perbaikan dan pertumbuhan jaringan. Jika Anda memasangkan diet dengan olahraga, lisin sangat penting karena perbaikan cedera otot yang mungkin Anda miliki.

Sumber zat besi

Quinoa merupakan sumber zat besi. Besi adalah vitamin yang memproduksi selsel darah merah yang sehat, dan juga bertanggung jawab untuk membuat hemoglobin. Besi membawa oksigen dari satu sel ke sel lain sehingga memasok tubuh kita dengan oksigen. Hal ini juga bertanggung jawab untuk mengatur suhu tubuh, sintesis neurotransmitter, dan meningkatkan fungsi otak dan stimulasi aktivitas enzim.

Menyediakan magnesium

Quinoa mengandung magnesium, yang merupakan elemen yang merelaksasi pembuluh darah sehingga membantu Anda untuk menghindari migrain dan sakit kepala. Magnesium juga merupakan cara terbaik untuk mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 dengan menurunkan gula darah Anda. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk mengontrol suhu tubuh Anda, mendetoksifikasi tubuh Anda dari radikal bebas, dan menghasilkan energi yang cukup bagi Anda untuk melakukan tugastugas harian Anda.

Serbaguna dan mudah dimasak

Selain nutrisi yang disebutkan di atas, quinoa memiliki rasa yang enak, bahkan jika Anda memakannya sendiri. Beberapa resep hanya membutuhkan garam laut, jus lemon, dan minyak zaitun. Hal ini sangat mudah untuk memasak, hanya sekitar 10 sampai 15 menit untuk melakukannya.

Quinoa merupakan makanan serbaguna. Quinoa dapat disajikan sebagai sereal untuk sarapan, sebagai salad, atau sebagai makanan pendamping, dan sejalan dengan baik dengan berbagai daging, ikan, dan sayuran. Quinoa dilapisi dengan bahan kimia beracun yangdisebut saponin sehingga Anda harus membilas biji secara menyeluruh sebelum memasaknya.

Sementara, tersedia secara komersial, quinoa mungkin telah melalui metode pembersihan yang menghilangkan saponin. Namun, sebaiknya Anda membilasnya lagi. Walaupun merupakan makanan super, masih disarankan untuk memasukkan berbagai biji-bijian ke dalam diet Anda. Jadi konsumsilah secara teratur, tetapi tidak perlu setiap hari. Setelah itu, untuk beberapa makanan, seminggu sudah cukup baik.

Memasak quinoa ini sama saja kayak memasak nasi. Masak quinoa bersama air dengan perbandingan 1:2 di atas api sedang sampai airnya menyusut. Setelah itu, kecilkan api, lalu tutup panci. Masak hingga matang. Untuk rasa yang lebih gurih, air biasa dapat diganti dengan kaldu ayam atau kaldu sayuran agar lebih lezat. Untuk menghilangkan pahit pada quinoa , cuci dan bilas 2 hingga 3 kali.

SYLVANIA OKTYVANI USDOKO
Email: agnessylvania@gmail.com
Twitter: @agnessylvn Alumni DCT and
Culinary Arts Academy Switzerland
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5815 seconds (0.1#10.140)