Berlari Membuat Tubuh Sehat Sepanjang Masa

Senin, 01 Juni 2015 - 10:37 WIB
Berlari Membuat Tubuh Sehat Sepanjang Masa
Berlari Membuat Tubuh Sehat Sepanjang Masa
A A A
MENJAGA badan tetap sehat bukanlah hal sulit, asalkan mau melakukan aktivitas fisik secara rutin, seperti berlari.

Tidak harus berlari cepat untuk dapat merasakan manfaatnya, joging selama 15 menit mampu membuat kondisi tubuh tetap prima. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Disease Control and Prevention) di Amerika Serikat, bagi orang dewasa diperlukan 2 sampai 3 jam setiap minggu untuk menjaga kebugaran tubuh. Jika dilakukan rutin, manfaat yang didapat, salah satunya meningkatkan kerja otak.

Sebuah penelitian yang diterbitkan Frontiers in Aging Neuroscience pada 2013 mengemukakan, melakukan aktivitas fisik seperti berlari dapat meningkatkan kerja otak, kognisi, dan kebugaran kardiovaskular pada orang dewasa dan dapat melawati masa penuaan yang sehat. Orang dewasa yang berolahraga secara teratur dapat menyebabkan peningkatan aliran darah otak untuk hippocampus.

Hippocampus adalah sebuah bagian dalam otak yang bertanggung jawab terhadap daya ingat. Selain itu, berdasarkan penelitian pada 2012 yang diterbitkan dalam The Journal of Experimental Biology, melakukan aktivitas fisik dengan rutin dapat menjaga suasana hati menjadi lebih baik. Melakukan aktivitas fisik diduga dapat menyebabkan peningkatan endocannabinoid -bahan kimia otak yang memberi sinyal kesenangan.

Tak hanya suasana hati, berolahraga juga dapat membuat kualitas tidur lebih baik. Pada penelitian yang diterbitkan Journal of Adolescent Health 2012 menyebutkan, orangorang yang berjalan atau berlari secara teratur pada pagi hari menunjukkan peningkatan dalam tidur secara objektif. Kualitas subjektif tidur, mood , dan konsentrasi pada siang hari akan meningkat, sedangkan kantuk pada siang hari menurun.

Bagi pria maupun wanita, melakukan aktivitas aerobik secara teratur bisa mendapatkan manfaat menurunkan tekanan darah, termasuk berjalan dan berlari. Menurut American Heart Association, aktivitas fisik secara teratur dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes. Berolahraga rutin juga mengurangi risiko kardiovaskular.

Pada penelitian yang sama, berlari tidak hanya mengurangi kemungkinan penyakit jantung, tetapi dapat menambah usia hidup, setidaknya bertambah tiga tahun. Berjalan selama 5 menit setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular hampir 50%. Sementara mereka yang berlari secara teratur memiliki risiko 30% lebih rendah terserang berbagai penyakit dan 45% risiko lebih rendah dari kematian akibat penyakit kardiovaskular.

“Gerakan mengentak atau melawan gravitasi bumi membantu menyerap kalsium dari dalam darah untuk tulang,” kata dr Muliaman selaku Head of Medical Sales PT. Fonterra Brands di sela kunjungannya di Gedung Sindo pada Rabu (26/5).

Larissa huda
(bhr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6443 seconds (0.1#10.140)