Menyusuri Kuliner Meksiko

Selasa, 02 Juni 2015 - 12:27 WIB
Menyusuri Kuliner Meksiko
Menyusuri Kuliner Meksiko
A A A
Meksiko menyimpan cerita kuliner yang menarik. Mulai dari kaktus sebagai bahan masakan, kecintaan pada tanaman jagung, hingga cita rasa hidangan yang beragam. Belum lagi makanan penutupnya yang variatif.

Mari berkenalan lebih jauh. Kehadiran hidangan Meksiko di Ibu Kota diboyong oleh Cafe Gran Via di hotel Gran Melia. Kebetulan hotel ini tengah mengangkat Mexican Food Fiesta bekerja sama dengan Kedutaan Besar Meksiko di Indonesia. Program yang berlangsung sejak 21 Mei hingga Selasa (2/6) ini tidak hanya menampilkan beragam masakan ala negeri yang terkenal dengan tayangan telenovelanya tersebut.

Pengunjung juga bisa berinteraksi langsung dengan Julio Ortega, yang didapuk untuk mempresentasikan kuliner unik asal tanah kelahirannya tersebut. “Masakan Meksiko memiliki cita rasa yang bervariasi antara mild sampai spicy ,” ujar koki yang mengawali kariernya di Swiss ini membuka pembicaraan. Meski begitu, dia tak menampik cabai penting kehadirannya dalam masakan termasuk jagung.

Dia menjabarkan, Meksiko meliputi tiga kawasan yakni Timur Laut, Pusat, dan Selatan. Masingmasing regional mempunyai keistimewaan tersendiri. Misalnya Anda dapat menikmati daging yang lezat di Timur Laut, sementara seafood yang sedap justru ada di Selatan, dan garnacha di bagian Tengah, yaitu tortilla jagung.

“Jadi kalau ingin mengeksplorasi kuliner Meksiko, datangi ketiga wilayah itu,” saran Julio. Untuk menjaga keaslian rasanya, Julio bahkan rela membawa bagasi hingga 90 kilogram yang berisi antara lain aneka cabai, tortilla jagung, tepung, kacang meksiko, bahan-bahan kue, dough , dan 10 macam kaktus.

Ya benar, kaktus. Menurut dia penduduk setempat selalu berupaya memanfaatkan bahan yang tersedia dan salah satu di antaranya kaktus. Kaktus bisa digunakan untuk membuat berbagai makanan, mulai dari pembuka sampai penutup termasuk es krim. Seperti ceviche de nopales alias salad kaktus yang bisa Anda coba pada kesempatan tersebut.

Kaktus direbus dahulu sebelum dicampur ke berbagai hidangan yang ada. Salad lainnya, yaitu ceviche de pescado yang terbuat dari campuran ikan, bawang, buah zaitun, serta air jeruk lemon. Ada juga pulpo con chipotle atau salad yang terbuat dari gurita yang telah direbus dan dicampur dengan mayones dan saus chipotle .

Sementara untuk makanan berat, pescado con alcaparras a la Mexicana salah satunya. Lagi-lagi sajian ikan, kali ini digoreng tepung dan dimasak dengan cita rasa segar dan gurih. Juga camarones con mole, yakni udang yang dimasak dengan saus mole . Menu lain, di antaranya aporriadillo (daging suwir dengan telur dan saus tomat hijau), albondigas (bakso daging sapi dengan chipotle ), achiote (ikan pedas ala Meksiko), cochinita (daging dengan bumbu Meksiko), dan fish talla style (ikan yang dimarinasi dengan merica Adobo).

Di akhir santapan, tamu dapat menikmati hidangan penutup khas Meksiko yang biasa dikenal dengan bionico atau salad buah. Salad ini terbuat dari perpaduan susu manis, granola, dan beberapa komposisi buahbuahan di dalam saus. Buahnya seperti pisang, apel, dan mangga. Dessert yang lain bunuelos, tres lecheh cake, arros con leche, dan churros.

Yang terakhir disebut dikenal dengan donat asal Meksiko, namun bentuknya panjang dan biasa dicocol ke dalam saus manis. Beragam jenis taco yang juga hadir dengan topping variatif amat menggoda selera. Isiannya ada jagung, jamur, daging sapi, ikan, serta diperkaya dengan aneka saus. Guacamole atau saus alpukat yang paling disarankan, tak terkecuali saus salsa.

Julio juga mengenalkan roti-rotian khas Meksiko. Conchas misalnya, yang sekaligus menjadi menu sarapan favorit di negara asal si cantik Thalia, sang ratu telenovela. Roti berbentuk setengah lingkaran ini memiliki topping khusus yang tidak ditemui pada roti lainnya. Topping berwarna putih dan cokelat ini terlihat menghiasi atas roti.

Untuk menikmatinya, roti dipotong menjadi bagian yang lebih kecil kemudian dimakan dengan cara dicelupkan ke dalam susu. Promo hidangan Meksiko ini sebelumnya dibuka secara meriah dengan kehadiran duta besar dari berbagai negara, yang sekaligus menampilkan pagelaran seni Meksiko, wine pairing , dan set menu makan malam Meksiko.

Dihadiri oleh lebih dari 150 tamu dengan konsep penataan sitdown dinner , acara pembukaan tersebut menampilkan sebuah pertunjukan seni yang dibawakan oleh Victorhugo Hidalgo, seorang mahasiswa dari Institut Seni Surakarta yang tengah menempuh gelar master dalam bidang Art Creation.

Sri noviarni
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5895 seconds (0.1#10.140)