Food Truck yang Makin Digemari

Minggu, 14 Juni 2015 - 09:16 WIB
Food Truck yang Makin Digemari
Food Truck yang Makin Digemari
A A A
Gaya hidup sehat dengan olahraga akan semakin lengkap dengan memilih menu sehari-hari yang kaya vitamin. Kini bahan-bahan yang terdengar asing dan tidak murah, masuk dalam daftar belanja wanita modern.

Segalanya demi khasiat yang fantastis. Tren penjualan dan pemasaran produk keliling menggunakan mobil angkut alias food truck kini mulai melanda Indonesia. Beberapa pelaku usaha ini, terutama pebisnis makanan dan minuman cepat saji, sudah menjajakan produknya di atas kendaraan roda empat.

Food truck adalah kendaraan yang cukup besar dilengkapi untuk memasak dan menjual makanan, termasuk es krim, bisa menjual makanan atau prepackaged. Dalam beberapa tahun terakhir, terkait dengan fenomena pop-up restoran, truk makanan dengan masakan gourmet dan berbagai etnik dan kekhasan menu menjadi populer Truk makanan secara tradisional menyediakan sebuah cara untuk menarik orang untuk on-the-go gigitan cepat dengan biaya yang murah.

Food truck di Indonesia sudah mulai berkembang. Konsep truk makanan (food truck ) memang bukan berasal dari Indonesia. Tren yang berasal dari Negeri Paman Sam ini dipopulerkan oleh kaum hispanik atau masyarakat Meksiko yang tinggal di Los Angeles, Amerika Serikat. Mereka menjual aneka macam makanan Meksiko, misalnya burrito, taco, quesadillas , dan lain-lainnya.

Beberapa bulan terakhir, food truck mulai muncul di jalanan Ibu Kota. Truk-truk besar tersebut dipoles sedemikian rupa hingga terlihat nyentrik. Bukan itu saja, pelaku usaha juga menawarkan menu-menu makanan yang bercita rasa pedas dan asam yang menggugah selera. Fenomena ini terbukti mampu menjadi strategi baru yang dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk menarik perhatian konsumen.

Modal utama berbisnis food truck adalah kendaraan. Pelaku usahanya membutuhkan truk yang bisa menampung segala peralatan dapur, tetapi nyaman untuk memasak. Selain membutuhkan dana yang tidak sedikit, menu yang dijual pun harus menarik dan sekreatif mungkin. Food truck berbasis pada hal yang sama dengan usaha makanan yang lainnya, yaitu food service.

Umumnya mereka tetap memerlukan alamat yang menerima pengiriman persediaan. Dapur umum yang mungkin diperlukan untuk persiapan makanan. Ada berbagai macam izin yang diperlukan beserta kode kesehatan. Tenaga kerja dan biaya bahan bakar juga termasuk bagian yang signifikan.

Definisi hukum dan kewajiban untuk food truck bervariasi dan ditentukan oleh negara masingmasing. Di Indonesia sendiri sudah mulai banyak food truck. Jika ingin mencicipi makanan dari food truck, Anda bisa ke kawasan ramai seperti Monas atau bisa juga di tempattempat kuliner yang sedang tren sekarang atau bisa juga ketika car free day .

SYLVANIA OKTYVANI USDOKO
Email: agnessylvania@gmail.com
Twitter: @agnessylvn
Alumni DCT and Culinary Arts Academy Switzerland
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3685 seconds (0.1#10.140)