Resep dan Cara Mudah Membuat Es Krim

Selasa, 16 Juni 2015 - 08:10 WIB
Resep dan Cara Mudah Membuat Es Krim
Resep dan Cara Mudah Membuat Es Krim
A A A
JAKARTA - Bagi Anda pecinta es krim, resep yang satu ini mungkin dapat Anda coba dirumah. Daripada membeli es krim di jalanan yang tidak jelas kebersihannya, cobalah untuk membuatnya sendiri bersama keluarga.

Selain sehat, es krim buatan sendiri tentu juga dapat diracik sesuai selera. Berikut resep mudah membuat es krim vanilla yang dilansir dari BBC.

Bahan-bahan:
4 butir kuning telur
100g gula halus
1 sdt tepung jagung (opsional)
300ml krim kental
300ml susu full cream
1 bh vanilla utuh

Cara membuat:
Pertama, letakkan kuning telur dalam mangkuk besar. Tambahkan gula halus, dan aduk sampai berwarna pucat dan bertekstur kental. Tambahkan tepung jagung dan kocok bersamaan dengan adonan kuning telur. Selanjutnya, masukkan krim dan susu ke dalam panci.

Potong vanilla memanjang dan ambil isinya, kemudian campurkan ke dalam panci berisi krim dan susu. Panaskan krim, susu, dan vanilla dengan api sedang hingga mendidih. Setelah mendidih, tuangkan ke dalam mangkuk berisi telur dan gula, aduk rata. Custard telah siap.

Saring custard ke dalam panci lain, kemudian didihkan di atas api kecil. Aduk custard terus dengan sendok kayu selama kurang lebih sepuluh menit hingga custard sedikit mendidih dan mengental.

Sebelum dimasukkan ke freezer, letakkan custard ke dalam mangkuk dan dinginkan custard terlebih dahulu di dalam suhu ruangan. Setelah itu, tutup mangkuk custard dan masukkan ke dalam freezer selama satu malam.

Setelah dingin, keluarkan custard setiap jam, selama tiga jam. Ketika dikeluarkan, mengocok custard dengan mixer yang berfungsi untuk menghilangkan kristal es dan membuat tekstur es krim tetap halus.

Setelah itu, masukkan kembali ke dalam freezer hingga es krim benar-benar dingin dan bertekstur padat. Sajikan dengan cone, waffle, pancake, atau yang lainnya sesuai dengan selera Anda.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6384 seconds (0.1#10.140)