5 Kuliner Terbaik di Dunia

Jum'at, 19 Juni 2015 - 09:28 WIB
5 Kuliner Terbaik di Dunia
5 Kuliner Terbaik di Dunia
A A A
Bagi wisatawan penggila makanan, menu masakan lokal memiliki arti penting, sama dengan tempat tujuan wisata itu sendiri. Malahan bisa jadi, alasan berwisata ke negara itu semata-mata karena penasaran mencicipi kuliner lokalnya.

Karena itulah, CNN membuka jajak pendapat terbuka melalui Facebook untuk bertanya kepada pembaca tentang tujuan kuliner favorit mereka. Dari sini terlihat, menu makanan orang Asia sudah viral dan banyak mengunggah rasa ingin tahu banyak orang. Banyak pembaca di wilayah ini yang ingin mendukung keunggulan kuliner mereka.

Meski Indonesia tidak masuk dalam daftar ini, negara tetangga seperti Filipina dan Thailand berada dalam daftar ini. Catat daftar lima tempat kuliner favorit menurut pemilih CNN berikut ini. Termasuk ringkasan singkat tentang menu rekomendasi di sana. Siapkan koper Anda dan segera terbang.

1.TAIWAN (8.242 SUARA)

Semangkuk mi daging sapi adalah cara yang baik untuk mulai masuk ke makanan utama di Taiwan. Filosofi kuliner di Taiwan begitu sederhana, yakni makan terus dan makan enak. Banyak makanan kecil di sini, tapi banyak juga yang besar. Sebut saja masakan dari komunitas Min Nan, Teochew dan Hokkian Chinese, termasuk masakan Jepang. Ibu Kota Taiwan, Taipei, memiliki sekitar 20 tempat jalanjalan yang didedikasikan untuk pencinta ngemil . Kemudian ada Tainan, kota tertua di Taiwan, yang sering disebut sebagai pusat makanan.

2. FILIPINA (1.528 SUARA)


Berbahagialah Filipina yang dilimpahi begitu banyak makanan laut, buah-buahan tropis dan koki kreatif, ketimbang hanya mengenal balut (bebek embrio). Makanan Filipina memang tidak begitu dikenal dibandingkan daftar makanan di negara lainnya. Namun, dengan lebih dari 7.000 pulau dan sejarah yang penuh warna, kepulauan ini memiliki beberapa hidangan makanan yang superlezat. Adobo misalnya, adalah hidangan yang selalu ada di setiap rumah tangga di Filipina. Masakan ini memang berasal dari Meksiko, tapi yang membuat berbeda adalah Filipina menemukan bahwa memasak daging (ayam dan babi) dengan berbagai bumbu seperti cuka, garam, bawang putih, merica, kecap, dan rempah-rempah lainnya, adalah cara yang praktis untuk mengawetkan daging tanpa pendinginan.

3. ITALIA (810 SUARA)

Siapa yang tak kenal Italia? Makanan Italia disebut-sebuttelah “menjangkiti” hampir orang di dunia. Mulai dari saustomat yang kerap dipakai di berbagai olahan makanan. Lalu halhalpintar yang mereka lakukan dengan tepung terigu ataugandum serta makanan penutup yang kemudian disulapmenjadi es krim.Meskipun ekspor “restoran Italia” terbilang sukses, ide inibanyak ditolak orang Italia sendiri. Namun, di belahan duniamanapun kita makan, makanan Italia tetap tidak akanmeninggalkan kekecewaan.

4. THAILAND (470 SUARA)

Salah satu hal yang cukup unik saat berada di Thailand adalah saling menegur sapa bukan tentang kabar. Melainkan, apakah Anda sudah makan? Sangatlah jelas jika makanan di sana memiliki passion yang sangat besar. Dengan pengaruh dari Tiongkok, Malaysia, tradisi kuliner kerajaan Myanmar, dan kuliner lokal, masakan Thai menjelma menjadi yang terbaik di dunia.

Kombinasi begitu banyak bumbu dan rempah-rempah dalam setiap hidangan menghasilkan rasa yang kompleks bak musik orkestra yang kaya raya. Seperti menyatunya rasa pedas, asam, asin, manis, kenyal, renyah, dan licin yang menjadi hidangan tunggal. Semua orang akrab dengan hidangan seperti kari hijau, ayam goreng kacang mete, pad Thai , dan berbagai olahan tom yam.

5. JEPANG (443 SUARA)

Jepang menerapkan presisi yang sama untuk makanan mereka, sejajar dengan teknik makan mereka yang terkenal. Jadi, tak ada ruang atau kesempatan untuk makan buruk di Jepang. Tak heran, banyak orang di sana selalu keluar pada akhir pekan hanya demi berbagai hidangan makanan. Selain lima negara tersebut, negara lainnya yang masuk daftar di bawahnya berturut-turut, yaitu Malaysia (265 suara), Hong Kong yang terkenal dengan dim sum -nya meraih 236 suara. Lalu India (205 suara), Yunani (167 suara), dan Vietnam (162 suara).

Susi susanti
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7097 seconds (0.1#10.140)