Nuc, Komputasi Ringkas dan Hemat Energi

Minggu, 21 Juni 2015 - 09:36 WIB
Nuc, Komputasi Ringkas dan Hemat Energi
Nuc, Komputasi Ringkas dan Hemat Energi
A A A
Pada masa depan sebuah PC untuk bekerja harus memenuhi dua unsur, yakni ringkas ukurannya dan rendah konsumsi dayanya, tetapi tetap gegas performanya.

Sebagian staf yang ada di kantor Metro Department Store, Mal Pondok Indah, Jakarta, sudah menggunakan next unit of computing (NUC), PC dengan form factor kompak yang didesain oleh Intel. Begitu kompaknya, bentuk NUC ini tidak terlihat seperti sebuah PC. Dengan lebar sekitar 11 cm, sepintas PC mini tersebut lebih mirip HDD eksternal yang terhubung ke monitor PC.

“Memang sangat kompak. Bisa diletakkan di belakang monitor atau di sembarang tempat di atas meja. Toh tidak akan memakan tempat,” kata Prianggodo Budi Siswoyo, Network & Support Engineer PT Metropolitan Retailmart. Keputusan konversi ke NUC dari desktop PC standar diambil oleh Prianggodo pada 1,5 tahun silam setelah membanding-bandingkan harga, fitur, dan performa.

Termasuk komparasi dengan layanan thin client . “Untuk thin client , kami harus menyediakan server berkualitas serta licence yang harganya mahal. Dan jika server bermasalah, kinerja semua orang bisa ikut terganggu. Terlalu berisiko,” paparnya. Nah, Prianggodo menganggap fitur NUC sudah sangat mumpuni untuk kegiatan kerja sehari-hari para staf Metro Department Store seperti word processing, berinternet, berkirim e-mail, atau berkutat dengan spread sheet.

Sebab,PC mini tersebutsudah dilengkapi prosesor Intel i5 serta RAM 2 GB. “Fitur Wi-Fi jadi nilai plus karena tanpa kabel pun sudah dapat terhubung ke internet,” paparnya. Selain itu, penggunaan solid state drive (SSD) sebesar 64 GB juga membuat kegiatan komputasi jadi lebih cepat dan rigid . “Untuk data perusahaan tetap kami simpan di server terpusat, dan selalu di-backup minimal sebulan sekali,” paparnya.

Nah, fitur lain yang dinilai menguntungkan bagi Prianggodo adalah konsumsi daya listrik NUC yang sangat hemat. “Hanya 10 watt. Bandingkan dengan desktop PC standar yang sekitar 110 watt. Penghematan listrik yang didapat bisa lebih dari 50%. Ini penting karena perusahaan kami membayar listrik langsung ke pihak mal,” katanya.

Tahun lalu Metro Department Store melakukan pembelian 114 unit NUC DC53427HYE dan disebar ke 9 cabang perwakilan di seluruh Indonesia. “Tren PC ke depan memang sudah mengarah ke perangkat yang lebih ringkas, rendah konsumsi daya, namun tetap memiliki performa yang tinggi,” kata Ivan Santoso, Information Technology Manager PT Metropolitan Retailmart.

Channel Business Director PT Intel Indonesia Hermawan Sutanto menilai, komputer kompak seperti NUC memiliki kinerja yang sama dengan desktop PC biasa. Namun, diuntungkan lewat konsumsi daya rendah dan ukuran yang kompak. “Pilihannya sangat variatif, dapat disesuaikan kebutuhan pengguna. Mulai Intel Atom, Intel Celeron, Intel Pentium Quad Core, hingga Intel Core i7,” paparnya. “Sehingga cocok untuk kebutuhan personal, komersial, maupun untuk fasilitas publik,” sebutnya.

Danang arradian
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5093 seconds (0.1#10.140)