Celup Nikmat Hidangan Fondue

Selasa, 23 Juni 2015 - 09:45 WIB
Celup Nikmat Hidangan Fondue
Celup Nikmat Hidangan Fondue
A A A
PENGALAMAN baru yang unik bakal Anda dapatkan di restoran ini. Siapkan garpu dan tusukkan pada bahan makanan, lalu celupkan ke dalam lelehan keju yang panas lagi kental.

Hmm...nikmat tak ada duanya. Restoran dengan konsep unik ini menawarkan pengalaman bersantap yang tak biasa. Bisa dibilang Melting Pot merupakan restoran fondue pertama di Indonesia yang merupakan franchise dari Florida, Amerika Serikat. Kalau berbicara soal fondue dalam pikiran kita pastilah langsung tertuju pada chocolate fondue dan identik dengan dessert .

Namun, restoran yang berlokasi di Plaza Senayan ini justru menawarkan fondue untuk hidangan komplet, mulai appetizer hingga dessert . Di setiap meja yang diset untuk empat orang, terdapat sebuah panci stainless steel lengkap dengan gulungan serbet berwarna hitam. Ternyata setelah dibuka gulungan tersebut terdapat tiga buah garpu berukuran panjang serta perlengkapan makan lainnya. “Setiap meja ada empat warna garpu sehingga tidak akan tertukar,” kata Marketing Executive Melting Pot Mickey Joeng membuka pembicaraan.

Garpu yang disediakan itu untuk mencelupkan bahan masakan ke dalam lelehan keju dalam panci tadi, unik bukan? Semua bahan masakan dimasak langsung di meja. Untuk memasak lelehan keju di setiap meja akan dibantu salah seorang staf yang sekaligus akan menjelaskan keju yang digunakan, cara menyantapnya, hingga menu lain yang ditawarkan restoran ini.

“Kami ingin setiap customer yang datang merasakan pengalaman tak terlupakan. Staf kami yang disebut server juga akan melayani permintaan mereka. General marketing juga akan turun menyapa tamu sehingga tidak ada gap dengan pelanggan,” kata Mickey. Bersantap di sini ada empat pilihan course experience yang ditawarkan. Mulai dari opening, main course yang berupa sup, salad, dan ditutup dengan chocolate fondue .

Untuk cheese fondue Anda dapat memilih cheddar cheese, spicy trio, creamy tomato, spinach artichoke dan classic Alpine Swiss . Sementara untuk cheese fondue nonalkohol, ada creamy tomato dengan paduan cheddar dan emmenthaler cheese , tomat, dan bawang putih yang dilumerkan jadi satu dalam pot panas.

Selain itu, ada juga spinach artichoke dengan kombinasi keju fontina dan gouda, cincangan bayam rebus, arthicoke cincang, dan bawang putih dengan tambahan sedikit tabasco . Rasanya gurih dan bertekstur lumer. Pilihan jatuh pada spinach artichoke yang sepertinya menggoda. Mula-mula server memasukkan bouileion atau kaldu gurih yang dibuat dari kaldu sayuran yang segar dan merupakan bahan dasar kaldu yang disajikan di restoran ini.

Kemudian giliran bayam dan arthicoke atau semacam asparagus, serta bahan lain yang sudah disebutkan sebelumnya. Sesudah kedua keju masuk dalam panci panas dan diaduk hingga merata, terciumlah aroma gurih khas keju yang membuat terbit selera. Sebenarnya jika ingin pedas bisa meminta tambah tabasco , tapi rasa tabasco yang asam pedas agaknya malah akan mengacaukan rasa keju secara keseluruhan. Jadi, sebaiknya percayakan saja takarannya kepada si server.

Nah, panci sudah berbuih tanda sudah matang dengan warna kuning cerah. Siap angkat garpu masingmasing. Tusukkan ke bahan yang disukai. Ada roti gandum, roti tawar, keripik tortilla , sayuran seperti brokoli, kembang kol, tomat ceri, buah zaitun hitam, dan apple granny smith . KORAN SINDO mencoba mencocol brokoli ke dalam panci berisi keju dan kaldu sayuran itu.

Hmm...kejunya gurih dan sedikit asin masih panas, sementara brokolinya dimasak setengah matang jadi masih amat segar. Dan yang lebih penting lagi, ada keseruan tersendiri saat temanteman satu meja berebut mencelupkan garpu mereka ke dalam panci. Untuk salad, Melting Pot punya koleksi, di antaranya Caesar salad dan California melting pot house salad yang disiram saus raspberry .

Kami juga mencoba panci lain yang berisi keju cheddar panas, ternyata rasanya lebih pekat dan medok. Bagi yang belum familier dengan fondue , ini adalah hidangan yang dinikmati dengan cara mencelupkan potongan makanan ke dalam cairan yang dipanaskan dalam wadah. Istilah ini berasal dari kata fondre yang dalam bahasa Prancis artinya melelehkan.

Awalnya fondue menggunakan keju yang dilelehkan. Namun seiring dengan perkembangan zaman, fondue juga menggunakan cokelat, minyak, kaldu, dan minuman anggur. anis. Untuk dessert disediakan aneka buah potong, seperti pisang, melon, anggur, stroberi, nanas, dan marshmallow yang paling favorit.

Sri noviarni
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4971 seconds (0.1#10.140)