Perbandingan Gizi Kurma Kering dan Segar

Rabu, 24 Juni 2015 - 11:11 WIB
Perbandingan Gizi Kurma Kering dan Segar
Perbandingan Gizi Kurma Kering dan Segar
A A A
JAKARTA - Saat Ramadan berbagai jenis hidangan khas mulai ramai. Dari sekian macam makanan, ada satu yang identik dengan bulan Ramadan, yaitu kurma.

Saat bulan Ramadan, aneka jenis kurma pun mudah ditemui. Kurma kering asal Tunisia merupakan jenis kurma yang mudah ditemui. Namun ada juga jenis kurma segar berwarna kuning dan kecokelatan. Namun manakah yang paling menyehatkan antara dua jenis kurma tersebut?

Faktanya, kedua jenis kurma tersebut memiliki kandungan gizi yang berbeda. Berikut perbedaan kurma kering dan segar yang dilansir dari Livestrong.

1. Kalori
Kurma kering mengandung lebih banyak kalori dibandingkan kurma segar. Tiap 100 gr kurma kering mengandung sekitar 284 kalori. Sementara 100 gr kurma segar hanya mengandung 142 kalori. Kurga segar sesuai bagi Anda yang tidak ingin asupan kalori berlebih.

2. Protein, lemak, dan karbohidrat
Protein, lemak, dan karbohidrat merupakan zat gizi yang paling banyak dibutuhkan tubuh atau disebut zat gizi makro. Kandungan zat gizi makro antara kurma segar dan kering sudah dipastikan berbeda.

Pada protein dan lemak kurma tersebut tidaklah jauh. Namun kurma kering mengandung dua kali lebih banyak karbohidrat dibanding kurma segar. Kurma kering juga mengandung lebih banyak serat.

Tiap 100 gr kurma segar mengandung: 1.8 gr protein, 1 gr lemak, 37 gr karbohidrat, dan 3.5 gr serat. Sementara 100 gr kurma kering mengandung: 2.8 gr protein, 0.6 gr gr lemak, 76 gr karbohidrat, dan 5 gr serat.

3. Vitamin dan mineral
Kurma kering mengandung lebih banyak kalsium dan zat besi dibandingkan kurma segar. Namun kurma segar tinggi akan kandungan vitamin C-nya.

Tiap 100 gr kurma segar mengandung 34 mg kalsium, 6 mg zat besi, dan 30 mg vitamin C. Sementara 10 gr kurma kering mengandung 81 mg kalsium, 8 mg zat besi, dan 0 mg vitamin C.

4. Lama penyimpanan
Dengan menggunakan wadah tertutup atau disimpan dalam kulkas, kurma segar dapat bertahan hingga delapan bulan hingga setahun jika disimpan dalam freezer. Sementara kurma kering dapat bertahan lebih lama.

Jika disimpan dalam kulkas dengan wadah tertutup, kurma kering dapat bertahan hingga satu tahun atau bahkan lima tahun jika disimpan dalam freezer.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4484 seconds (0.1#10.140)